Sejarah Tim KTM Hingga Meraih Juara di MotoGP Ceko

Terkini.id, Makassar – MotoGP Ceko yang dilaksanakan di sirkuit Brno pada Minggu 9 Agustus 2020, merupakan sejarah bagi tim KTM Factory Racing.

Dimana pertama kalinya KTM menjuarai balapan di kelas MotoGP.

KTM merupakan tim balap yang berasal dari Australia.

Tim ini mulai berkiprah di ajang MotoGP pada tahun 2014, dan di 2017 KTM resmi turun di balapan MotoGP full serius dalam satu musim.

Menarik untuk Anda:

Sejak mengumumkan untuk bergabung di ajang MotoGP, KTM langsung memperkenalkan motor yang secara sepsifikasi mirip motor RC213V.

Motor yang bernama KTM RC16, mengusung dapur pacu V4 engine, konfigurasi yang sama seperti RC213V dan menggunakan rangka stell trellis.

KTM RC16 pertama kali diuji pada Oktober 2015 di sirkuit Red Bull Ring dengan Alex Hofmann sebagai testernya.

Tak hanya Alex Hofmann, masih banyak yang ikut terlibat dalam proyek KTM ini, diantaranya Mika Kallio, Randy De Puniet, Karel Abraham, dan Thomas Luthi.
Debut pertama di ajang MotoGP, baru dilakukan pada seri terkahir musim 2016.

KTM ikut sebagai wild card pada MotoGP Valencia 2016, start dari posisi ke 20 dengan rider Mika Kallio, namun hasilnya belum memuaskan karena ada beberapa kendala pada motor RC16.

Dan akhirnya pada tahun 2017 KTM resmi turun di MotoGP full series dalam satu musim.

Ditahun pertamanya KTM turun dengan tiga pembalap, yaitu Mika Kallio, Bradley Smith, dan Pol Espargaro.

Hasil terbaik yang di raih tim KTM pada tahun 2017, diraih oleh Pol Espargaro yang mampu finish di urutan sembilan pada MotoGP seri Czech GP dan MotoGP Australia.

Fokus utama tim KTM saat baru bergabung di MotoGP ialah pada pengembangan motor agar semakin kompetitif.

Namun ditahun 2018, Dani Pedrosa yang sudah pensiun dari Honda bergabung ke tim KTM sebagai tester untuk musim 2019-2020.

Dengan adanya Dani Pedrosa yang juga merupakan runner-up tiga kali dikelas MotoGP memberikan banyak perubahan bagi tim KTM terutama pada motor RC16.

Dan memasuki tahun 2020, tim pabrikan KTM, Red Bull KTM Factory Racing yang diperkuat oleh Pol Espargaro dan pembalap rookie Brad Binder berusaha kompetitif.

Dan dengan pembalap rookie Brad Binder KTM mampu mencetak sejarah dengan memenangkan seri MotoGP Ceko.

Sejak balapan dimulai, Brad Binder yang star diposisi kedelapan mampu kebarisan terdepan dengan menyalip beberapa pembalap.

Dan di lap-lap terakhir Bard Binder berhasil menyalip Franco Morbidelli yang berada diposisi pertama, hingga ia tak terkejar sampai balapan selesai, Bard Binder mencatatkan selisih waktu dengan Franco Morbielli 5,2 detik.

Begitupun dengan rekan satu timnya yaitu Pol Espargaro juga tampil cukup bagus, tapi sayangnya Pol Espargaro tidak bisa menyelesaikan balapan karena terjatuh ketika bersenggolan dengan Johann Zarco.

Semoga ini menjadi awal baik dari tim KTM kedepannya di setiap seri MotoGP.

Bagikan