Sejumlah Warga Sorowako di Kawasan PT Vale Indonesia Positif Terpapar Covid-19

Terkini.id, Luwu – Sebanyak 9 warga Sorowako, Luwu Timur, yang berada di kawasan wilayah PT Vale Indonesia di terkonfirmasi positif COVID-19. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Dokter Muhammad Ichsan Mustari.

Hal itu, kata Ichsan, terungkap saat PT Vale melakukan pemeriksaan rapid test terhadap warga di wilayah tersebut.

“Yang Luwu Timur 9 ini didapat karena di Sorowako di Vale di sana ditemukan 9 (positif),” kata Ichsan lewat video press conference, Jumat, 1 Mei 2020.

Baca Juga: Tambang Nikel Tumbuh, PT Vale Catat Laba USD25,1 Juta di...

Ichsan juga menyampaikan, berdasarkan update per 1 Mei 2020, saat ini jumlah kasus positif Covid-19 secara keseluruhan di wilayah Sulsel yakni sebanyak 363 orang. Adapun yang sembuh 145 orang.

Pada Jumat hari ini, kata Ichsan, terdapat penambahan sebanyak 56 kasus positif sejak hari sebelumnya, Kamis, 30 April 2020.

Baca Juga: WALHI Sulsel Tagih Tanggung Jawab PT Vale Ihwal Kerusakan Hutan...

Adapun 56 orang positif tersebut tersebar di sejumlah daerah di Sulsel di antaranya, 24 orang Makassar, Gowa 4 orang , Maros 1 orang, Parepare 2 orang, Bulukumba 2 orang, Luwu Timur 9 orang, Sinjai 6 orang, Selayar 2 orang, Bone 1 orang, Soppeng 1 orang, takalar 1 orang, Pangkep 1 orang, Jawa timur 1 orang dan Papua 1 orang.

Untuk penambahan kasus positif di Parepare, lanjut Ichsan, merupakan klaster Kapurung. Mereka diduga terpapar Covid-19 setelah menggelar makan Kapurung secara bersama.

“24 Makassar itu seluruh adalah kontak serumah dan jarang memakai masker dan anak-anak muda sering berkumpul dengan sebaya,” tambahnya.

Baca Juga: WALHI Sulsel Tagih Tanggung Jawab PT Vale Ihwal Kerusakan Hutan...

Sedangkan, dua orang tambahan positif berasal dari Jawa Timur dan Papua. Keduanya merupakan pekerja di Sulsel.

“Dua orang ini domisilinya dari Jawa Timur dan Papua, tetapi kemungkinan dia bekerja di Sulsel,” ungkap Ichsan.

Bagikan