Selama Pandemi Covid-19, Pemkot Parepare Salurkan Bantuan untuk 23.270 KPM

Parepare
Selama Pandemi Covid-19, Pemkot Parepare Salurkan Bantuan Untuk 23.270 KPM

Terkini.id, Parepare – Selama dua bulan terakhir atau selama merebaknya pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Parepare, telah menyalurkan berbagai jenis bantuan kepada ribuan masyarakat khususnya yang terdampak Covid-19.

Beberapa jenis bantuan yang disalurkan antara lain Penerima Keluarga Harapan (PKH) untuk 3.218 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Bantuan Pangan non tunai untuk 5.527 KPM, dan Bantuan Sosial Tunai untuk 2.698 KPM. Bantuan itu bersumber dari Pemerintah Pusat.

Wali Kota Parepare yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe mengatakan, selain bantuan pusat, ada juga bantuan provinsi, dan Pemerintah Kota (Pemkot).

Bantuan Pemerintah Provinsi Sulsel di antaranya bantuan sosial logistik untuk 700 Keluarga Penerima Manfaat. Sementara Pemkot Parepare menyalurkan Beras Peduli (Rastra) untuk 2.047 KPM di Parepare.

“Masih ditambah bantuan dana Covid-19 dari Gugus Tugas untuk 225 KPM. Total penerima bantuan sebanyak 14.415 KPM,” ungkap Wali Kota Taufan Pawe.

Baca juga:

Selain itu, kata Taufan, untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19, Pemkot Parepare menggelar Operasi Pasar Murah yang menyasar penerima manfaat di 22 kelurahan di Parepare.

Pasar Murah ini menawarkan tujuh komoditas paket Sembako dengan harga murah di bawah HET (harga eceran tertinggi).

Tujuh komoditi yang disubsidi dalam Pasar Murah adalah beras 5 kg dengan nilai subsidi Rp5.000/kg, gula pasir 3 kg subsidi Rp6.000/kg, minyak goreng 2 liter subsidi Rp4.000/liter, susu 1 kaleng subsidi Rp3.500/kaleng, minuman 1 botol subsidi Rp3.000/botol, mi instan 13 bungkus subsidi Rp1.000/bungkus, dan telur 15 butir subsidi Rp500/butir. Jika diratakan nilai subsidi satu kupon Rp78 ribu.

Sasaran Pasar Murah adalah masyarakat terdampak langsung secara ekonomi. Seperti pekerja informal, buruh harian, pedagang kaki lima, pengemudi ojek, tukang becak, sopir angkot, pekerja formal yang di-PHK-kan, bukan penerima PKH, Rastra atau penerima bantuan lainnya.

Pasar Murah hingga saat ini sudah masuk tahap ketiga. Tahap pertama disalurkan ke 3181 KPM, tahap kedua 3049 KPM, dan tahap ketiga 2625 KPM sementara total keseluruhan hingga pada tahap ketiga ini mencapai 8.854 KPM. Tahap keempat setelah lebaran, dan target kita dari 4 tahapan tersebut mencapai total keseluruhan 11ribu KPM.

Memastikan tepat sasaran, semua bantuan diantar langsung ke rumah setiap penerima. Tim terpadu dari SKPD teknis terkait bersama camat didampingi Babinsa, Babinkantibmas, para lurah, dan Tim Rastra yang turun salurkan bantuan ke rumah-rumah warga.

“Insya Allah Pemerintah Kota tetap akan terus menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang berdampak Covid-19 di Kota Parepare, sampi saat ini sudah ada 23.270 bantuan dari berbagai jenis yang kita salurkan kepada masyarakat,” kata Taufan Pawe.

Komentar

Rekomendasi

Erna Rasyid Taufan Ikuti Halal Bihalal PKK Provinsi Sulsel via Vidkon

Pemkot Parepare Beri Kemudahan Pencetakan Dokumen Kependudukan

Antisipasi Kerusakan Jaringan, PJU Parepare Aktif Bersihkan Dahan Pohon Dekat Tiang Lampu

Ikuti Halal Bihalal Virtual, Taufan Pawe: Kita Tetap Fokus Penanganan Corona

Meski Masih Suasana Lebaran, TGTPP Parepare Tetap Bekerja Ekstra Lakukan Disinfektasi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar