Masuk

Sengketa Tanah Marak Terjadi, Mahfud MD: Selesaikan Melalui Jalur Non Litigasi

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Permasalahan sengketa tanah di negeri ini menjadi urusan yang pelik karena semakin marak terjadi. Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) menyampaikan dalam mengatasi permasalahan tanah, agar diselesaikan melalui jalur litigasi. 

Kemenko Polhukam melalui Kedeputian Hukum dan HAM menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di Yogyakarta mengenai permasalahan sengketa tanah antar instansi pemerintah pada Senin 21 November 2022. FGD ini bertajuk “Penyamaan Persepsi Penyelesaian Masalah Tanah Aset Negara Ditinjau Dari Aspek Administrasi dan Hukum”. Turut pula hadir pada kegiatan tersebut beberapa pakar dari kampus untuk memberi masukan.

FGD yang dilakukan oleh Kemenko Polhukam melalui Kedeputian Bidang Hukum dan HAM di Yogyakarta, Senin 21 November 2022. (Sumber Foto: instagram @mohmahfudmd). 

Mahfud Md mengatakan permasalahan tanah ini sungguh menjadi urusan pelik di negeri ini. Belum lagi pengaduan soal tanah dari berbagai lapisan masyarakat. 

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD Sebut Ada Gerakan yang Coba Pesan Putusan Sambo

“Masalah tanah sungguh menjadi urusan pelik di negeri ini. Pengaduan soal tanah dari berbagai lapisan masyarakat muncul tiada henti. Tak hanya masyarakat, antar instansi pemerintah sendiri juga banyak muncul persoalan tanah.”ujar Mahfud dalam akun instagram pribadinya @mohmahfudmd, Selasa 22 November 2022.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan perkara seputar tanah yang muncul antar instansi pemerintah agar diselesaikan di internal dan melalui jalur non litigasi atau di luar pengadilan.