Jelajah Sensasi Bebatuan di Wisata Geologi Tebing Breksi

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id- Sleman– Jarum jam menunjukkan sekitar pukul 15.00 WIB, mobil travel yang kami tumpangi membawa ke sebuah tempat yang lagi hangat diperbincangkan, sebuah tempat yang menyuguhkan pemandangan alam sunset yang indah dengan latar belakang tebing bekas galian tambang.

Penasaran akan cerita kisahnya, rombongan tour kami memutuskan untuk melihat secara langsung keindahan spot wisata dalam negeri disaat beberapa waktu yang lalu. Tebing Breksi demikian nama yang disematkan pada tempat ini.

Mas Nurman memacu kendaraan jenis SUV yang kami sewa, Debu beterbangan melewati beberapa areal perkebunan salak pondoh milik penduduk. Setelah memasuki kawasan Sambirejo sebuah plang berukuran lumayan besar terpampang dengan tulisan kawasan Wisata geologi Tebing Breksi, Kab Sleman, D.I Yogyakarta.

Setelah membayar karcis masuk sebesar 25.000 per orang di sebuah loket , mobil yang kami tumpangi ini merayap naik melewati jalur yang telah diarahkan oleh pengelola melalui para petugasnya.

Nampak keramaian para pengunjung nampak ada beberapa cafe , jejeran kendaraan 4×4 yang disewakan buat wisatawan hingga jejeran pemilik persewaan kuda yang setia menunggu para pengelana.

Menarik untuk Anda:

Setelah mendapati areal parkir di sebuah tempat lapang , dengan latar belakang Kota Yogyakarta. Mas Nurman memarkirkan kendaraannya sambil mengingatkan agar bergegas naik ke jalur tangga dan agar berkumpul kembali di titik parkir ini.

Beruntung , ekspedisi perburuan sunset di Tebing Breksi nampaknya berjalan lancar. Cuaca nampak cerah dengan awan yang sedikit di cakrawala.

Setelah menaiki deretan anak tangga , nampak beberapa spot yang Instragramable buat berfoto ria. Para pengunjung nampak antri dengan sabar menunggu giliran.

Diantaranya spot foto dengan ikon sepeda onthel berlatar tebing dan pemandangan kota Yogyakarta serta gunung Merapi ada juga semacam kubus warna warni raksasa, juga semacam sofa di beranda rumah hingga spot foto bertuliskan love dari ranting pohon, dll.

Menarik dan unik serta keren, sebuah tempat yang menurut kabar, dahulu adalah sebuah lokasi tambang.

Dilansir dari berbagai sumber, Tebing Breksi merupakan tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Sleman. Lokasinya berada di sebelah kidul Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko. Lokasi Wisata Tebing Breksi tepatnya berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta .

Taman wisata Tebing Breksi adalah tempat wisata alam di Jogja. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan perbukitan batuan breksi. Tebing batuan breksi yang memiliki corak yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Sebelum menjadi tempat wisata, lokasi Taman Tebing Breksi sebelumnya adalah tempat penambangan batuan alam. Kegiatan penambangan ini dilakukan oleh masyarakat sekitar. Di sekitar lokasi penambangan terdapat tempat-tempat pemotongan batuan hasil penambangan untuk dijadikan bahan dekorasi bangunan.

Sejak tahun 2014 silam kegiatan penambangan di tempat ini ditutup oleh pemerintah. Penutupan ini berdasarkan hasil kajian yang menyatakan bahwa batuan yang ada di lokasi penambangan ini merupakan batuan yang berasal dari aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran. Kemudian lokasi penambangan ditetapkan sebagai tempat yang dilindungi dan tidak diperkenankan untuk kegiatan penambangan.

Pasca penutupan aktivitas tambang tersebut, masyarakat mendekorasi dan menyulap lokasi bekas pertambangan ini menjadi tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Tepatnya pada bulan Mei 2015, Tebing Breksi ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai tempat wisata baru di Jogja.

Kehadiran tebing yang sekaligus dijadikan sebagai salah satu lokasi tempat wisata ini pasti mempunyai alasan tertentu yang membuat objek wisata ini disebut menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, potensi wisata alam yang dimilikinya menawarkan banyak hal yang tidak boleh dilewatkan, diantaranya adalah pemandangan dinding tebing dengan ornamen patahan yang terlihat begitu artistik. Sebab, pada dasarnya tebing ini memang sudah terbentuk jutaan tahun yang lalu dan dijadikan sebagai tempat penambangan.

Walaupun saat ini sudah tidak lagi dijadikan sebagai tempat penambangan, tapi sisa-sisa dari aktivitas penambangan tersebut mampu menghadirkan ornamen pahatan yang membuat tebing tersebut tampak seperti ornamen isi kue lapis.

Itulah yang menjadi salah satu potensinya, sehingga tebing yang satu ini menjadi sangat menarik untuk dikunjungi. Berfoto dengan latar tebing, sepertinya menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Oleh karena itu, tak heran jika tebing ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto, terutama bagi para pasangan yang sedang melakukan sesi pre wedding dan momen sepesial lainnya.

Hal yang paling istimewa saat berada di tebing ini adalah, dari atas tebing para wisatawan bisa melihat keseluruhan kota Jogja, bahkan aktivitas masyarakat pun dapat terlihat dari atas tebing, seperti pesawat yang lepas landas, kendaraan yang hilir mudik dan terutama mentari senja.

Selain Tebing Breksi, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sekitar Breksi. Diantaranya: Istana Ratu Boko, Candi Ijo, Candi Barong, dan Candi Banyunibo.

Andai saja langkah langkah wisata di areal pasca tambang di beberapa tempat yang ada Indonesia dapat mencontohi langkah dan terobosan Pemkab Sleman, DI Yogyakarta pada keindahan Tebing Breksi niscaya potensi ekonomi dan pariwisata akan semakin dinamis buat masyarakat sekitar areal pasca tambang.

Kreatif dan unik, patut dicontoh oleh pemerintah daerah yang lain di Indonesia sehingga kawasan tambang yang sudah tidak beroperasi lagi bisa dimanfaatkan untuk menambah kesejahteraan masyarakatnya.

Dibandingkan hanya dibiarkan saja terbengkalai dan tidak terurus.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Viral, Pria ini Terancam 5 Tahun Penjara Akibat Coret Dinding Musola : Saya Kafir

Francesco Bagnaia Resmi Gantikan Andrea Dovizioso di Tim Pabrikan Ducati

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar