DPRD Buton Selatan Kunjungan Lapangan ke Bank Sampah P3E SUMA

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
DPRD Buton Selatan Kunjungi Bank Sampah P3E SUMA

Terkini.id, Makassar.Matahari pun semakin meninggi, cuaca panas dan terik bukanlah penghalang bagi para wakil rakyat ini dalam melaksanakan tugasnya .

Pasca kunjungan pembahasan rancangan perda RTRW, dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Bank Sampah P3E SUMA di gedung Rachmat Witoelar Jalan Perintis Kemerdekaan KM 17 pada Kamis, 30 Januari 2020.

Rerimbunan pepohonan menambah suasana sejuk dan alami. Dengan menempati areal sisi kiri bangunan kantor dengan warna hijau pastel.

Rombongan DPRD Buton Selatan berkesempatan melihat dari dekat zona Aquatic pada pemanenan air hujan , Rain Water Harvesting .

Media pemanenan air hujan ini merupakan terobosan langkah dalam memanen air hujan agar tidak terbuang secara percuma. Dengan peralatan tabung air dengan kapasitas 20.000 liter, filter zeolit dan carbon aktif, dimana media tersebut dapat menampung air hujan dari atap gedung kemudian dialirkan kedalam toilet hingga ke kolam ikan.

Baca juga:

Melangkahkan kaki ke areal belakang gedung , rombongan DPRD Buton Selatan melihat secara dekat alur proses dari operasional Bank Sampah P3E SUMA.

Sebagaimana diketahui, Bank Sampah Unit P3E SUMA ini telah berdiri sejak 2016 silam dan sekarang usianya telah memasuki ke-4 tahun, Dalam perjalanannya direktur Bank Sampah, Rina Triany Muchsin SE, M.AP bersama petugas lainnya telah membukukan omzet pemasukan dari plastik, karton, sampah kaleng, hingga kertas dengan nilai sekitar 50 juta rupiah lebih.

“Program program nasional pemerintah seperti Adipura melalui Evaluasi kebersihan Kota dan Kab, terutama dimulai pada lingkup DPRD niscaya semua unsur SKPD secara otomatis akan mengikuti,” saran Ir Asnidar Adnan, M.Hut selaku Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian SDA dan Lingkungan Hidup disaat mendampingi kunjungan DPRD Buton Selatan ke Bank Sampah Unit P3E SUMA

“Gerakan pakai tumbler, makan siang prasmanan tanpa memakai kotak kemasan , ada juga program Eco office seperti yang diterapkan di kantor P3E Sulawesi Maluku ini dimana adanya efisiensi segala lini tanpa mengurangi kenyamanan,” tambah Asnidar Adnan.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Hj.Waode Ruhania Arusani sangat mengapresiasi kreatifitas dan inovasi yang dilakukan oleh petugas Bank Sampah dikala melihat secara langsung hasil karya kerajinan daur ulang dari bahan limbah air gelas kemasan yang diubah menjadi tempat tissu, bosara hingga perahu phinisi dari bahan kertas koran bekas dan ecobrick

“Kita ketahui, Buton Selatan ini mempunyai 7 (tujuh) wilayah kecamatan , sehinggal diperlukan signifikan untuk menerapkan pentingnya pengurangan sampah terutama sampah plastik,” ujarnya, yang kesehariannya diamanahkan juga sebagai Ketua tim PKK Buton Selatan.

Keberadaan Bank Sampah sangat bagus dalam menunjang program pemerintah serta permasalahan sampah yang ada di masyarakat,” pungkas Hj.Wa Ode Ruhania Arusani bersama Ketua DPRD Buton Selatan dan rombongan.

Komentar

Rekomendasi

BBKSDA Sulsel Gelar Webinar Meretas Jalan Satwa Liar Kembali ke Alam Dimasa Pandemi

Cek Fakta, Sempat Viral di Medsos Ini Akhirnya

Objek Wisata Mangrove Lantebung di Lirik Prof Yusran

Menteri LHK: Pemda Berperan Penting Atasi Perubahan Iklim

Diskusi Internasional, Menteri Siti Bicara Peran Penting Pemda Atasi Perubahan Iklim

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar