Sentil Soal Ideal Kepemimpinan Sebuah Organisasi, Gus Yaqut: Harus Struktural dan Kultural

Terkini.id, JakartaMenteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, atau yang kerap disapa Gus Yaqut mengunggah sebuah foto beserta caption di akun media sosialnya yang menuliskan tentang bagaimana idealnya seorang pemimpin ketika memimpin sebuah organisasi.

Menurut Gus Yaqut seorang pemimpin yang ideal harus memiliki keharmonisan dan keserasian antara struktural dan kultural.

Gus Yaqut menambahkan struktural dan kultural adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan mulai dari fungsi dan perannya di dalam sebuah organisasi.

@gusyaqut

Baca Juga: Batalkan Pencabutan Izin Ponpes Shiddiqiyyah, Menteri Agama: Atas Arahan Pak...

“Tugas pemimpin itu salah satunya memastikan rasuknya kultur dan struktur organisasi yang dipimpinnya dalam satu waktu,” ujar Gus Yaqut dalam akun Instagram pribadinya @gusyaqut yang dilansir dari Hops.id Minggu 22 Mei 2022.

Gus Yaqut menuturkan bahwa pemimpin yang memiliki pengalaman dan kematangan sudah pasti tidak akan merasa kesulitan ketika membangun sebuah organisasi yang struktural dan kultural.

Baca Juga: Tuding Keras Gus Yaqut, Heri Suwondo: Dana Haji Dia Gelapkan

“Pemimpin yang ditempa zaman, dihajar angin sepoi-sepoi maupun badai putting beliung pasti tahu ini,” ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor ini.

Namun Gus Yaqut melanjutkan bahwa tidak setiap pemimpin bisa membangun organisasi yang berlandaskan struktural dan kultural.

Gus Yaqut juga menyentil soal tipe seorang pemimpin yang bisa memecah belah antara struktural dan kultural.

Baca Juga: Tuding Keras Gus Yaqut, Heri Suwondo: Dana Haji Dia Gelapkan

“Namun jika ada pemimpin yang sengaja mencerai beraikan keduanya, cuma ada dua kemungkinan” pemimpinnya jenuh atau pembisiknya sengaja menyesatkan,” imbuhnya.

@gusyaqut

Di dalam unggahan tersebut juga menerangkan sebuah foto Gus Yaqut dengan beberapa pesohor PBNU yaitu Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf, Ketua Lakpesdam PBNU Ulil Abshar Abdalla dan KH. Mustofa Bisri.

Bagikan