Siagakan 47 Puskesmas, Cara Pemkot Makassar Cegas Virus Corona

Penjabat Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb

Terkini.id, Makassar – Menyikapi peredaran virus corona yang begitu cepat dan mematikan, Penjabat Wali Kota Makassar, M Iqbal Samad Suhaeb mengaku telah menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk melakukan pemantauan dan tidak pencegahan.

“Saya sudah instruksikan Dinkes untuk memantau terus apakah ada kemungkinan penyebaran virus corona di Makassar,” kata Iqbal, Selasa, 28 Januari 2020.

Dari 47 Puskesmas yang ada di Kota Makassar, dia menyebut, sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan ihwal masyarakat yang terjangkit virus corona.

Kendati begitu, Iqbal mengimbau seluruh warga Kota Makassar untuk terus waspada terhadap penyebaran virus mematikan tersebut.

“Jadi kami berupaya semaksimal mungkin mendapatkan laporan dari Puskesmas jika ada dicurigai terinfeksi virus tersebut,” ujarnya.

Menarik untuk Anda:

Selain itu, Iqbal mengatakan pihaknya juga melakukan pengawasan di bandara dan pelabuhan. Hal itu untuk memantau penumpang yang datang.

“Kami juga sudah sampaikan ke semua tempat-tempat dan balai-balai pengobatan, Puskesmas, seandainya ditemukan untuk segera dilaporkan untuk segera diadakan sterilisasi,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan pihaknya telah mengeluarkan surat edaran ke seluruh Puskesmas untuk melakukan deteksi dini jika menemukan gejala-gejala virus corona.

“Seluruh tim gerak cepat di 47 Puskesmas disiagakan untuk melakukan pengamatan jika ada warga yang dicurigai terdeteksi virus corona,” kata dia.

Bila ditemukan gejala virus corona, Naisyah mengatakan bakal langsung dirujuk ke Rumah Sakit Wahidin Sudiro Husodo. Di RS tersebut, kata dia, telah menyediakan ruang isolasi untuk menangani virus tersebut.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pria 70 Tahun Hangus Terbakar, Setelah Terjadi Kebakaran dan Terjebak di Dalam Rumah

BSN Bicara Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Akuntabilitas Pengujian

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar