Sosialisasikan Kebudayaan Malino, Mahasiswa KKN-DK UIN Alauddin Makassar Gelar Pentas Pemuda

UIN Alauddin Makassar
Sosialisasikan Kebudayaan Malino, Mahasiswa KKN-DK UIN Alauddin Makassar Gelar Pentas Pemuda

Terkini.id, Makassar – Mahasiswa KKN-DK angkatan 64 UIN Alauddin Makassar di Kecamatan Tinggimoncong, Kelurahan Malino menyelanggarakan Pentas Pemuda di Malino Food City.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari dua program utama mahasiswa KKN-DK UIN Alauddin Makassar di Kelurahan Malino.

Pentas pemuda yang dirangkaikan dengan hari jadi Gowa yang ke 700 ini mengusung tema “Melestarikan Nilai-Nilai Budaya dan Tutur Sejarah”.

Ada berbagai jenis kegiatan yang akan berlangsung, yakni talkshow yang akan membahas tentang Peran Pemuda dalam Melestarikan Kebudayaan dan Tutur Sejarah.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa pembicara di antaranya, Amran Aziz Spd MM selaku Koordinator Wilayah, Labbiri Spd. Mpd selaku tokoh literasi, Muh. Akbar A selaku tokoh pemuda dan juga M Khaidir.

Menarik untuk Anda:

Kegiatan selanjutnya yaitu pentas kesenian yang akan diselenggarakan pada malam hari, dimana pada kegiatan ini akan menampilkan puisi, musikalisasi puisi, tari dan juga akustik.

Berbagai penampilan akan diisi oleh sanggar seni setempat seperti Sanggar Seni Saliu’, Ranting Seni, dan juga Bengkel Seni 27. 

Muhammad Nur Ardiansyah selaku Koordinator Kecamatan menjelaskan bahwa kegiatan Pentas Pemuda ini merupakan salah satu dari dua program kerja utama mahasiswa KKN-DK UIN Alauddin Makassar yang bertempat di Kecamatan Tinggimoncong, Kelurahan Malino.

“Jadi kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan pengetahuan pemuda-pemuda dari Kecamatan Tinggimoncong maupun dari luar Tinggimoncong agar lebih paham akan pentingnya sebuah kebudayaan dan peran sejarah dalam perkembangan suatu daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Tinggimoncong, Iis Nurismi, hadir sekaligus membuka acara dengan resmi. 

Dalam sambutannya Iis mengapresiasi kegiatan tersebut karena mengambil tema yang sangat relevan dengan Kecamatan Tinggimoncong.

“Jadi Malino ini sebuah destinasi wisata yang sudah sangat terkenal di luaran sana, dan orang-orang di luar sana patut mengetahui tutur sejarah yang ada di Kota Malino,” ungkapnya. 

“Jadi saya apresiasi sekali mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar karena sudah membuat acara yang begitu bagus dan juga telah menghadirkan para pembicara-pembicara yang hebat di talkshow-nya,” tambahnya.

Pada kegiatan tersebut, Kapolsek Tinggimoncong Iptu Hasan Fadlhy S.H mengimbau kegiatan pentas pemuda ini agar berjalan tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Saya harap berjalannya kegiatan yang diselenggarakan hari ini agar tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Iptu Hasan.

Sri Resky Laura selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa persiapan kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih dua minggu.

“Meskipun sempat terkendala di persediaan peralatan, namun dengan adanya kerja sama yang baik antara mahasiswa KKN dan organisasi kepemudaan setempat, hingga akhirnya kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar,” ujarnya.

Citizen Reporter : Kiki

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Komitmen Cegah Korupsi dan Tingkatkan Transparansi Kementerian Pertanian

Gelar Webinar, Pendidikan Akuntansi UNM Kembangkan Minat Wirausaha Mahasiswa

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar