Sukses Gelar Formula E, Pengamat: Anies Kecipratan Efek Popularitas dan Elektoral

Terkini.id, Jakarta – Direktur Eksekutif Indonesia Political Review sekaligus pengamat politik, Ujang Komaruddin menilai kesuksesan perhelatan Formula E turut serta memberikan efek dan popularitas untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada saat ini terlebih menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Bahkan menurutnya, kesuksesan perhelatan ajang balap mobil listrik skala internasional itu dapat meningkatkan elektabilitas untuk Anies.

“Ya, untuk saat ini iya dengan kesuksesan itu membawa efek dan popularitas dan elektoral,” ujar Ujang saat dihubungi Suara.com jaringan Terkini.id pada hari Selasa, 7 Juni 2022.

Baca Juga: Sebut Bersikap Kritis Demi Anies di Jalur Benar, dr Tifa:...

Meski demikian, Ujang menilai kalau naiknya elektabilitas Anies tersebut tidak juga terjamin apabila masa jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta berakhir.

“Tetapi ke depan kita tidak tahu, karena apa? Karena Anies kan Oktober akan berhenti akan selesai jabatannya, itu juga orang akan lupa. Oleh karena itu kalau terkait kenaikan elektoral atau popularitas saat ini, iya itu akan menaikkan elektoral,” papar Ujang.

Baca Juga: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi Mengkritik Kebijakan Anies...

Karena itu kata Ujang, menjadi sebuah tantangan bagi Anies untuk meningkatkan elektabilitas menuju Pilpres 2024 ketika tak menjabat sebagai Gubernur DKI nantinya.

“Menjadi tantangan sendiri bagi Anies. Untuk menaikkan elektabilitas sekarang iya tapi belum tentu karena nanti dia tidak lagi menjabat lagi sebagai gubernur,” ungkap Ujang.

Dosen Universitas Al Azhar Indonesia tersebut juga menuturkan kalau selesai menjabat sebagai gubernur, Anies harus memiliki panggung politik atau momentum agar dapat menyapa masyarakat.
Sehingga nantinya dapat menjaga dan menaikkan elektabilitas Anies Baswedan.

Baca Juga: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi Mengkritik Kebijakan Anies...

“Kalau tidak menjabat, maka dia harus punya panggung-panggung lain atau punya momentum yang dia bisa menyapa rakyat agar bisa menjaga dan menaikkan elektabilitasnya itu,” katanya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, ajang balapan formula E yang diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu, 4 Juni 2022 dinilai sukses diselenggarakan.

Acara tersebut juga dihadiri Presiden Joko Widodo, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, beberapa Ketua Umum Partai Politik dan sejumlah Menteri Kabinet.

Bagikan