Sumbang Rp 523 Miliar ke GDP Sulsel, Tokopedia Bantu Akselarasi Pemerataan Ekonomi

Terkini.id, Makassar – Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, terus mengakselarasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Selama lebih dari sepuluh tahun, dampak pemerataan ekonomi digital tersebut bahkan sudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Hal itu berdasarkan riset yang dilakukan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) selama 2018-2019.

Riset tersebut membuktikan bahwa Tokopedia telah memberikan pengaruh besar untuk perekonomian Indonesia selama 2018 lalu.

Selama 2018, Gross Merchandise Value (GMV) Tokopedia telah berhasil menembus angka Rp 73 triliun.

Nilai tersebut diperkirakan naik menjadi Rp 222 triliun pada 2019 atau setara dengan 1,5 persen perekonomian Indonesia.

Pengaruh Tokopedia juga dirasakan di wilayah tengah Indonesia, salah satunya di Sulawesi Selatan.

Pada 2018, Tokopedia telah berhasil berkontribusi terhadap GDP Sulawesi Selatan sebesar Rp 523.618.000.000 dan diperdiksi akan semakin meningkat di tahun ini menjadi Rp 1.439.755.000.000.
Selain itu, Tokopedia turut berkontribusi terhadap total pendapatan rumah tangga Sulawesi Selatan di 2018 lalu, yaitu sebesar Rp 160.371.000.000 dan di 2019 diprediksi meningkat menjadi Rp 440.128.000.

External Communication Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, selama lebih dari satu dekade, Tokopedia terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem yang menjadi jembatan penghubung bagi semua pihak dalam misi sejalan untuk maju dan tumbuh bersama demi mengakselerasi pemerataan ekonomi digital di Indonesia.

“Bersama lebih dari 6,6 juta penjual kami, Tokopedia telah menjangkau 97 persen kecamatan di Indonesia untuk menawarkan lebih dari 200 juta jenis produk terdaftar dengan harga transparan,” jelas Chandra saat gathering media di Hotel The Rinra, Kamis 7 November 2019.

Ekhel melanjutkan, Indonesia akan terus menjadi fokus utama Tokopedia.

“Kami berkomitmen untuk terus relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia tidak terkecuali yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan untuk menciptakan peluang maupun mencapai lebih,” jelas dia.

Berita Terkait
Komentar
Terkini