Makassar Terkini
Masuk

Tak Lama Lagi, Balitbangda Makassar Bakal Berubah Status Jadi BRIDA

Terkini.id, Makassar – Perubahan status Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar ke Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) tak lama lagi. Sisa, menunggu persetujuan persyaratan yang telah dipenuhi terkait pengalihan kelembagaan.

Hal itu disampaikan Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie usai bertemu Plt. Diriktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Wihatmoko Waskitoaji.

Kepala Balitbangda Kota Makassar didampingi oleh sejumlah pejabat, di antaranya Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Daerah Dody Agriyanto, Kabid Pengembangan Pembangunan Muhammad Amri, Ridha Rasyid dan Rahmatan Hayya.

Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie mengatakan, ada empat titik fokus untuk pengalihan atau transformasi dari Balitbangda menjadi BRIDA.

Pertama, bahwa sesuai Undang Undang No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja  dan Perpres No 78 tentang Badan Riset Dan Inovasi Nasional yang di dalamnya juga diatur tentang transformasi Penelitian dan apengembangan menjadi BRIDA.

“Kedua, bahwa dengan terbentuknya BRIDA di daerah akan menjadi pusat kajian dalam penyusunan program dan kebijakan berbasis riset,” ucap Andi Bukti Djufrie, Jumat, 24 Juni 2022.

Ketiga, Bang Yos, sapaan akrabnya melanjutkan, mendorong tumbuhnya Inovasi yang berkelanjutan di daerah yang maraknya pada terwujudnya smart city pada semua sektor. Terakhir, kelembagaan BRIDA tidak hanya mencakup penelitian dan pengembangan tetapi lebih luas dari itu. 

“Jadi, BRIDA menghimpun kegiatan perkeyasaan, pengkajian dan invention,” paparnya.

Mantan Camat Panakukang itu juga mengatakan, hal terkait kelembagaan yang sedang menunggu hasil tindak lanjut MoU dengan Kemendagri dalam bentuk Permendagri yang melingkupi susunan organisasi dan tugas dan fungsi serta anggaran. 

“Di mana posisi BRIDA tidak lagi menjadi satuan kerja supporting tetapi merupakan satuan kerja utama,” ungkapnya.

Dalam hal proses pembentukan menjadi BRIDA, Andi Bukti berharap seluruh administrasi yang dipersyaratakan kemudian naskah akademik terkait pembentukan lembaga bisa segera tuntas tahun ini.

“Insya Allah dalam waktu dekat menunggu persetujuan persyaratan yang telah dipenuhi dan selanjutnya akan disampaikan kepada Kemendagri dan Pemprov Sulsel serta DPRD terkait revisi perda kelembagaan,” pungkasnya.