Masuk

Tanggapi Kasus Bahar Smith, PA 212 Seret Nama Ma’ruf Amin Hingga Habib Luthfi

Komentar

Terkini.id, JakartaNovel Bamukmin Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 turut memberikan tanggapan soal kasus terbaru yang menjerat Habib Bahar bin Smith yang tengah diusut Polda Jawa Barat.

Menurut Novel pengusutan kasus itu sebagai upaya kriminalisasi terhadap ulama dan kejadian serupa sudah sering kali terjadi.

Dia pun menyinggung nama Wapres Ma’ruf Amin dan anggota Wantimpres Habib Luthfi Yahya yang berstatus ulama, tetapi dinilai tidak bisa berbuat apa-apa.

Baca Juga: Soal Isu Reshuffle Kabinet, Ini Jawaban Terbaru Presiden Jokowi

“Rezim ini sudah menjadi langganan berbuat zalim walau Wapresnya ulama dan Wantimpres juga ada yang ulama,” ujar Novel.

Menurut Novel, para ulama yang berada di pemerintahan itu tidak berdaya melawan kezaliman yang ada di depan mata.

“Mereka tidak berdaya, hanya sebagai pemanis pajangan dinding saja,” kata Novel.

Baca Juga: Heboh, Video Habib Bahar bin Smith Merokok di Atas Ranjang Rumah Sakit

Selain itu, Novel juga menyebut para ulama itu akan menanggung dosa besar karena hanya diam dan menonton saja terhadap kezaliman yang terjadi.  Dilansir dari Jpnn. Sabtu, 1 Januari 2022.

“Bahkan malah mengeluarkan fatwa berdasarkan kepentingan penguasa zalim dan inilah akhir zaman umat Islam diperlihatkan ulama-ulama jahat, ulama-ulama penjilat yang tidak berpihak kepada umat,” tegas Novel.

Diketahui Polda Jabar tengah mengusut kasus dugaan ujaran kebencian yang diduga dilakukan Habib Bahar.

Saat ini, proses hukum terhadap kasus tersebut sudah ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan. Pada Senin, 3 Januari 2022 nanti, Habib Bahar diperiksa sebagai saksi terlapor.

Baca Juga: Wapres Serahkan Penghargaan ke Gubernur Sulsel Sebagai Pembina Peduli HAM

Namun, sbeleumnya sebuah unggahan video viral di media sosiak yang terlihat Habib Bahar didatangi anggota TNI.

Dalam video tersebut juga terlihat Habib Bahar beradu mulut dengan anggota TNI tersebut.

Pria berseragam TNI tersebut pun memegang sebuah tongkat komando dari kesatuan tertentu.

Video tersebut diunggah salah satunya oleh pegiat media sosial, Yusuf Muhammad di akun Twitter pribadinya. Sejumlah netizen pun menyebarkan video berdurasi pendek tersebut.

Dalam video tersebut, selain pria yang cek-cok dengan Habib Bahar, tampak pria lain berseragam loreng-loreng memperhatikan keduanya.

Tidak diketahui konteks awal dari perdebatan keduanya. Namun Habib Bahar bin Smith nampak protes karena didatangi oleh anggota TNI.

Habib Bahar bin Smith berulang-ulang menegaskan bahwa ia akan datang ke Polda Jabar meskipun tidak dijemput oleh para laki-laki berseragam tersebut.