Terbaru! Gunung Semeru Keluarkan Lava Pijar Sedikit Demi Sedikit

Terkini.id, Jakarta – Kabar terbaru datang dari Gunung Semeru. Warga setempat mengabarkan bahwa lava pijar mulai keluar sedikit demi sedikit dari puncak gunung tersebut.

Seorang warga asal Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Tohari mengatakan bahwa dirinya mulai lega melihat lava pijar mulai keluar. Menurutnya, jika tidak keluar justru akan membuat warga semakin panik.

“Barusan terlihat. Ini sebetulnya sudah biasa kalau keluarnya sedikit-sedikit,” kata Tohari, Senin 6 Desember 2021.

Baca Juga: Abrasi Air Laut Sepanjang 27 Meter di Sulawesi Utara Merobohkan...

“Ya kalau sering terlihat keluar malah enak, kalau tidak malah lebih waspada,” lanjut Tohari, dikutip dari detikcom.

Namun, hal berbeda disampaikan oleh Pardi (50), warga asal Desa Penanggal, Kecamatan Pronojiwo. Ia mengatakan, warga justru ketakutan kalau sudah keluar lava pijar.

Baca Juga: Kabupaten Luwu Utara Diguncang Gempa Bumi, Warga Diminta Tenang

“Kalau udah lava pijar keluar, warga semua melihat dan memantau, takut terjadi lontaran lava pijar dengan jarak luncur jauh, dan awan panas guguran takut terjadi saat malam dan dini hari,” ucap Pardi, Senin 6 Desember 2021.

Melihat status pemantauan sekitar pukul 20.30 WIB, lava pijar mulai terlihat keluar dari Gunung Semeru. Tampak lava merah menyala di gunung tersebut. Hingga pukul 21.00 WIB, lava pijar masih terlihat.

Bencana erupsi Gunung Semeru bermula pada Sabtu 4 Desember lalu pukul 15.00 WIB. Bencana ini menelan puluhan korban jiwa dan juga korban luka-luka.

Baca Juga: Kabupaten Luwu Utara Diguncang Gempa Bumi, Warga Diminta Tenang

Dalam data dari Plt Kapusdatinkom Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, hingga kini ada 5.205 jiwa masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Sebanyak 1.300 orang di antaranya telah mengungsi.

Hingga kini, jumlah korban jiwa masih terus bertambah menjadi 22 orang. Untuk korban luka berjumlah 56 orang. Terdiri dari 35 orang luka berat, dan 21 orang luka ringan.

Bagikan