Banjir Kembali Landa Jakarta, 56 RT Masih Terendam

Banjir melanda Jakarta/ istimewa

Terkini.id – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan datangnya air kiriman dari Bogor, Jawa Barat menyebabkan sejumlah titik lokasi di Jakarta terendam banjir. Bahkan hingga saat ini, Selasa 22 September 2020 dikabarkan puluhan RT masih tergenang air.

Seperti dikutip suaracom, jaringan terkini.id, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Mohamad Insaf mengatakan ada 56 RT yang kebanjiran. Lokasinya terbagi di lima wilayah kota administrasi.

“Jumlah RT tergenang sebanyak 56 RT,” ujar Insaf.

Imbas dari pemukiman yang tergenang, kata dia 38 jiwa harus mengungsi. Mereka menempati dua lokasi, yakni Mushola Riyadhul Saadah, Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta barat dan Rusunawa Pengadegan, Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan.

“Jumlah pos pengungsian dua lokasi,” pungkasnya.

Menarik untuk Anda:

Berikut jumlah RT banjir tiap Kota:
1. Jakarta Barat terdapat 9 RT dengan ketinggian 10 hingga 50 cm

2. Jakarta Selatan terdapat 7 RT dengan ketinggian 10 hingga 40 cm

3. Jakarta Timur terdapat 38 RT dengan ketinggian 10 hingga 100 cm

5. Jakarta Utara terdapat 2 RT dengan ketinggian 20 hingga 25 cm

6. Jakarta Pusat sudah surut pukul 08.00 WIB

Dikabarkan sebelumnya, imbas naiknya status tinggi muka air di bendung Katulampa, Jakarta dihantui datangnya banjir.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperkirakan air dari Bogor, Jawa Barat akan sampai ke ibu kota 5-6 jam lagi dari Senin 21 September 2020 malam.

Orang nomor satu di Ibukota negara itu mengatakan, bendung Katulampa sempat memasuki status siaga 1 sekitar selama 20-30 menit.

Namun karena itu, Anies menyebut sudah waktunya pihaknya bersiap akan datangnya air bervolume tinggi ke ibu kota yang bisa mengakibatkan banjir.

“Malam hari ini, Jakarta bersiap karena ada hujan lebat di kawasan Hulu yang tadi Bendungan Katulampa sempat di posisi Siaga 1 lebih kurang 20-30 menit dan itu artinya ada volume air dari kawasan pegunungan yang akan datang ke Jakarta,” ujar Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Senin.

Ia juga menyebut kedatangan air dari bendung Katulampa sampai ke Jakarta memakan waktu sekitar 9-10 jam. Karena itu ia memperkirakan sekitar pukul 02.00 – 04.00 WIB besok, air kiriman akan sampai ke Jakarta.

“Diperkirakan akan sampai sekitar jam 02:00-04:00. Saat ini pintu air di Depok sudah menunjukkan peningkatan. Dan itu artinya kira-kira 5-6 jam lagi sampai di Jakarta,” kata Anies.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Gaspool, KPK Kini Tangkap Wali Kota di Jawa Barat

Din Syamsuddin, Bachtiar Nasir hingga Tengku Zul Terdepak dari Kepengurusan MUI yang Baru

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar