Ternyata Pakai Masker Tanpa Face Shield Tidak Maksimal Aman dari Covid-19

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto/ ist
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto/ ist

Terkini.id, Jakarta – Pemerintah Republik Indonesia melalui Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto kembali menegaskan bahwa penggunaan topeng wajah transparan atau face shield tanpa masker penutup mulut dan hidung tidak dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap cemaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

“Menggunakanface shieldsaja tanpa masker, tidak akan memberikan perlindungan yang maksimal,” ujar Yuri di Jakarta pada Minggu kemarin.

Yuri juga mengatakan, pada dasarnya penggunaanface shieldhanya sebatas mampu melindungi penggunanya dari droplets yang besar, akan tetapi tidak menjamin partikelmicro dropletlantas tidak terhirup ke dalam mulut atau hidung.

Sebab, partikelmicro dropletdapat berada di udara dalam waktu yang relatif lama dan berpotensi terhirup secara tidak sengaja.

Micro dropletini, ukurannya lebih kecil dan bisa berada di udara untuk waktu yang relatif lama,” jelas Yuri.

Menarik untuk Anda:

“Oleh karena itu, penggunaan masker mutlak harus dilakukan, harus dikerjakan. Bukanface shield. Karena, kita tahu padamicro dorplet, dia akan mengambang di udara,” sambungnya.

Ia juga menyarankanface shieldlebih baik digunakan sebagai tambahan dari penggunaan masker.

Akan tetapi dia tetap tidak menyarankan apabila seseorang hanya menggunakanface shieldtanpa masker.

“Kita tidak boleh mengandalkan hanya menggunakan face shield saja. Gunakan masker. Ini yang penting, dan gunakan masker apapun,” kata Yuri.

Dari beberapa informasi pemberitaan yang disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diyakini bahwa penularan virus yang terjadi melalui cemaran droplet.

Oleh sebab itu, diharapkan kepada masyarakat agar dapat mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menjaga jarak.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Viral Cuitan Wanita Mengaku Gagal Lolos Akpol Gegara Dituding Positif Covid-19

Waspada Sindikat Penipu Oknum WNA Iran, Berikut Cara dan Modus Pelaku

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar