Tiga Mahasiswi Perikanan Unhas Manfaatkan Limbah Cangkang Sotong Jadi Suplemen Pakan

Unhas
Tiga Mahasiswi Perikanan Unhas Manfaatkan Limbah Cangkang Sotong Jadi Suplemen Pakan

Terkini.id, Makassar – Potensi produksi sotong (Sepia sp.) di Indonesia mencapai 5.298 ton pertahun. Pada industri ini menyisakan limbah padat berupa cangkang sotong (Sepia sp.) yang belum termanfaatkan secara optimal.

Selama ini limbah padat yang berupa tulang atau cangkang hanya dimanfaatkan sebagai pakan burung. Berawal dari itu, sekelompok mahasiswi Universitas Hasanuddin (Unhas) membuat riset terkait limbah cangkang sotong.

Beranggotakan tiga mahasiswi Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas yang terdiri atas Berliana Putri (Budidaya Perairan 2016) sebagai ketua, Sri Rahmayanti (Budidaya Perairan 2016), dan Nurhani Supardi (Budidaya Perairan 2018).

Adapun tim ini dibimbing oleh Dr Ir Siti Aslamyah MP. Tim kecil ini mengkaji potensi cangkang sotong sebagai suplemen dalam formulasi pakan larva rajungan untuk meningkatkan daya tahan hidup dan kemampuan menghadapi stress lingkungan sehingga sintasan dan pertumbuhan larva kepiting rajungan dapat ditingkatkan.

Pada umumnya, cangkang sotong hingga saat ini belum termanfaatkan secara optimal terutama di bidang akuakultur karena hanya digunakan sebagai pakan burung, padahal cangkang sotong mengandung mineral yang sangat tinggi.

Meskipun mineral pada organisme hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, namun peranannya terhadap kelangsungan hidup organisme sangat signifikan.

“Inspirasi pembuatan pakan dari limbah cangkang sotong ini berasal dari salah satu anggota tim Sri Rahmayanti yang melihat limbah cangkang sotong yang tidak dimanfaatkan dengan maksimal saat field trip di daerah Barru, Sulawesi Selatan,” kata Sri kepada Media, Senin, 17 Juni 2019.

Potensi cangkang sotong

Berliana menambahkan potensi cangkang sotong tersebut dapat digunakan untuk mengatasi salah satu permasalahan dalam pembenihan rajungan, yaitu meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan menghadapi stress lingkungan yang fluktuatif.

Sementara menurut Nurhani, apabila kualitas hidup dari rajungan terjaga maka tingkat kelulushidupaannya juga bisa meningkat dan produksi dari kepiting rajungan di Sulawesi Selatan berpotensi berkembang pesat.

“Oleh karena itu, pada penelitian ini mengkaji tentang potensi cangkang sotong sebagai suplemen dalam pakan terhadap daya tahan hidup dan kemampuan menghadapi stress lingkungan, sehingga sintasan dan pertumbuhan larva kepiting rajungan dapat ditingkatkan,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

Yuk, Nantikan Semarak BODY 2019 di Kampus UNM

Terkini.id,Makassar -  Biology Open Day (BODY) kembali dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM pada 13 hingga 17 November 2019 mendatang.Kegiatan ini mengusung
Kampus

LKIM-PENA Unismuh Kembali Gelar PIKIR 2019

Terkini.id, Makassar - Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja