Tim Gugus Tugas Jeneponto Gagas Program Donasi 100 Fakir Miskin Terdampak Covid-19

Jeneponto
Tim Gugus Tugas Jeneponto Gagas Program Donasi 100 Fakir Miskin

Terkini.id, Jeneponto – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Jeneponto bakal menyasar 100 warga fakir miskin paling terdampak akibat mewabahnya Corona Virus Disease dengan program 100 donasi bagi fakir miskin paling terdampak Covid-19.

“Selama dibentuknya Tim Gugus Tugas percepatan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 di Jeneponto, kami banyak berdiskusi dengan sejumlah stakeholder, khususnya relawan Organisaai Masyarakat Sipil (OMS) dan insan Pers Jeneponto sehingga kita menginisiasi program peduli gugus tugas penangan Covid-19 Jeneponto yakni Program 100 donasi bagi fakir miskin paling terdampak Covid-19,” jelas Ketua pelaksana harian Tim Gugus Tugas percepatan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 Jeneponto, Letkol Inf Irfan Amir, Sabtu, 9 Mei 2020.

Menurutnya, progran tersebut terinisiasi dengan mengacu pada undang-undang RI nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, dimana di pasal 1 poin 1 menyebutkan bahwa fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai mata pencaharian dan/atau mempunyai sumber, tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan/atau keluarganya.

“Kegiatan ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan relawan OMS dan para rekan-rekan Jurnalis dalam berpartisipasi pada penangan Covid-19 yang secara global menggerogoti diseluruh dunia, khususnya di Kabupaten Jeneponto yang kita cintai,” ungkap Letkol Inf Irfan Amir.

Dandim 1425 Jeneponto itu menjelaskan tujuan program yang terinisiasi dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 di Jeneponto.

Menarik untuk Anda:

“Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mendukung Pendataan dan verifikasi yang sudah atau sedang dilakukan oleh pemerintah dan pihak terkait dalam mendata warga miskin dan terdampak Covid-19, oleh karenanya kita perlu menyasar warga yang belum mendapat program bantuan formal pemerintah maupun program-program JPS lainnya,” ungkapnya.

Putra lokal Butta Turatea berpangkat dua bunga itu mengungungkapkan kategori yang akan menjadi indikator pendataan keluarga yang akan ditetapkan dalam 100 keluarga fakir miskin paling terdampak Covid-19.

“Tentunya kita akan mengambil 100 keluarga yang kehidupannya sangat memprihatinkan dan layak mendapatkan bantuan sesuai indikator kemiskinan atau fakir miskin, dengan mengacu pada beberapa indikator, diantaranya, tidak memiliki asset, mengidap penyakit menahun, tidak dapat membiayai kebutuhan hidupnya dan atau keluarganya, tempat tinggal yang sangat tidak layak, tidak ada fasilitas dasar (jamban, listrik, air), tidak mendapat bantuan PKH, BPNT dan JPS lainnya,” ujarnya.

Untuk mewujudkan program tersebut, Letkol Inf Irfan Amir berharap partisipasi aktif semua unsur dengan kepedulian dan kepekaan yang kita miliki untuk untuk terlibat dalam mewujudkan program 100 fakir miskin paling terdampak Covid-19.

“Selaku pelaksana harian Tim Gugus Tugas Jeneponto, saya berkomitmen untuk membantu dan menyantuni warga ditengah pandemi Covid-19, jadi mari seluruh komponen untuk berpartisipasi, menelusuri, menyasar masyarakat yang paling terdampak, untuk mewujudkan program tersebut,” pungkasnya.

Ia pun mengajak bagi donatur dan relawan baik perorangan ataupun lembaga untuk peduli terhadap saudara-saudara kita.

“Kami mengajak pemerintah dan masyarakat serta para donatur untuk bersama-sama mendukung program tersebut demi untuk menyantuni serta memuliakan hidup saudara kita yang selama ini hidup dengan serba kekurangan,” tutup Letkol Inf Irfan Amir.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Sasar Warga Miskin,TMMD Wujudkan Mimpi Lansia yang Puluhan Tahun Tidur Beralaskan Tanah

Menyatu dengan Warga, Bukti Kemanunggalan TNI di Lokasi TMMD

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar