Tingkatkan Kualitas BUMDES Desa Tanete, PNUP Makassar Utus Tim IBM

PNUP
Tingkatkan Kualitas BUMDES Desa Tanete, PNUP Makassar Utus Tim IBM

Terkini.id, Maros – Salah satu dari 5 (lima) desa binaan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar adalah Desa Tanete yang terletak di Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros.

Desa Tanete memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang baru saja terpilih menjadi BUMDES terbaik di Kabupaten Maros.

Untuk terus menggenjot kualitas BUMDES maka Kepala Desa Tanete menggandeng PNUP untuk bermitra dalam meningkatkan kualitas SDM pengurus BUMDES.

Oleh karena itu, PNUP merespon hal tersebut dengan mengirim salah satu tim IbM (Ipteks Bagi Masyarakat) guna membantu Desa Tanete dalam menyiapkan pembukaan BUMDES MART melalui penyusunan rencana bisnis.

Penyusunan rencana bisnis tersebut diberikan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan selama 5 bulan berlangsung dari Mei hingga September 2019 melalui 3 kali pertemuan.

Menarik untuk Anda:

Pertemuan pertama telah berlangsung pada Mei 2019, sementara pertemuan kedua telah berlangsung kemarin, Ahad 21 Juli 2019 di kantor Kades Tanete yang diikuti oleh 10 orang pengurus BUMDES Desa Tanete.

Pada pertemuan kedua tersebut materi pelatihan diberikan oleh Dr. Sirajuddin Omsa, S.E., M.Ed. Mgmt, dan Fatmawati, S.E., M.Si., Ak.

“Materi pelatihan pada pertemuan kedua tersebut difokuskan pada aspek pemasaran, aspek organisasi dan manajemen, serta aspek keuangan,” ujar Sirajuddin, Senin, 22 Juli 2019.

Sebelum acara pelatihan berakhir, peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk bertanya seputar masalah pemasaran, organisasi, dan keuangan.

Untuk kegiatan pelatihan ketiga sekaligus yang terakhir, direncanakan akan dilaksanakan pada September 2019 dan akan  difokuskan pada aspek operasi dan pendalaman lebih detail pada aspek laporan keuangan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Mahasiswa KKN Unhas Beri Edukasi Pemanfaatan Tanaman TOGA Jadi Minuman Herbal

Mahasiswa KKN Unhas Bikin Peta Penanganan Covid-19 di Desa Je’netallasa Gowa

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar