PNUP Berdayakan Warga Rammang-rammang Pembuatan Anyaman Daun Nipah

PNUP Berdayakan Warga Rammang-rammang Pembuatan Anyaman Daun Nipah

Terkini.id, Maros – Politeknik Negeri Ujung Pandang melalui Tim Program Kemitraan melakukan pembinaan kepada warga Rammang-rammang, Desa Salenrang Kabupaten Maros, pada pekan lalu.

Diketahui tim progam tersebut dikomandai oleh Syamsinar dan beranggotakan Andi Abdul Azis Ishak, M. Ridwan Arief, dan Dien Triana.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula terbuka yang terletak di area Dermaga 2, Kawasan Pariwisata Rammang-rammang, Kabupaten Maros.

Syamsinar dalam keterangannya mengatakan melalui program kemitraan ini, warga Rammang-rammang diharapkan memiliki pola pikir, motivasi dan keterampilan untuk berbisnis sekaligus melestarikan budaya.

“Secara spesifik, program ini dilakukan melalui beberapa kegiatan, antara lain, pelatihan pembuatan anyaman daun nipah,” bebernya.

Menarik untuk Anda:

Selanjutnya, kata dia diharapkan kepada mereka akan memasarkan produknya melalui berbagai media baik secara tradisional maupun online.

Sementara itu, M. Ridwan Arief, salah seorang anggota tim mengatakan, potensi usaha anyaman daun nipah belum dipandang oleh masyarakat lokal sebagai aktivitas yang menghasilkan nilai.

Menurutnya, mereka masih menganggap sebagai penyaluran hobi dan hanya mengisi waktu. Padahal Dusun Salenrang, Rammang-ramang ini sudah menjadi destinasi wisata, yang secara reguler dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

“Perlu penyaluran potensi tersebut untuk bisa menjadi aktivitas yang menghasilkan nilai bagi masyarakat lokal,”bebernya.

“Lembaga bisnis harus segera diinisiasi sebagai wadah untuk menyalurkan produk mereka, memperkenalkan, serta menawarkannya di pasar,”tegasnya.

Turut hadir Camat Bontoa membuka kegiatan ini.

“Semoga hal ini bisa menjadi awal pengembangan Kawasan Wisata Rammang-rammang, termasuk memulai penggunaan produk anyaman lokal untuk berbagai acara,”tutur Camat Bontoa Maros.

Turut hadir pula Kepala Desa Salenrang, Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Dinas Purbakala Kabupaten Maros.

Peserta yang terdiri dari 18 orang warga, baik anggota PKK, maupun masyarakat umum, sangat antusias menyambut program ini kemitraan ini. Protokol kesehatan tetap menjadi prioritas dalam kegiatan ini.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Fotonya Viral usai Disebar Korban, Pelaku Pemerkosaan Ini Ditangkap Polisi

Survei: Masyarakat Percaya Jokowi Bisa Bebaskan Indonesia dari Krisis

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar