Masuk

Gandeng Pemuda Tani Gowa, Tim Dosen Teknik Listrik PNUP Laksanakan PPM

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id, Gowa – Tim Dosen Teknik Listrik PNUP yang diketuai oleh Usman dengan anggota Ahmad Rosyid Idris, Muhammad Ruswandi Djalal serta 6 orang mahasiswa melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) berupa pemasangan dan instalasi sistem pompa tenaga surya dengan mitra Pemuda Tani Kabupaten Gowa, Sabtu 13 Agustus 2022.

Kegiatan ini dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Untuk mendapatkan pembiayaan tersebut dimulai dari seleksi proposal yang dikompetisikan secara nasional terhadap seluruh perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi baik perguruan tinggi akademik ataupun politeknik.

Baca Juga: Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Tim Dosen Teknik PNUP Bantu Kelompok Usaha Dapur Bugis

“Alhamdulillah proposal kami setelah diseleksi secara nasional dinyatakan diterima dan didanai. Kami merupakan salah satu dari 7 penerima dari PNUP,” kata ketua pelaksana.

Selanjutnya, menurut ketua pelaksana, PPM ini masuk pada kategori Penerapan Ipteks Kepada Masyarakat (PIM) yang dikategorikan sebagai pelaksanaan pengabdian dalam tri dharma perguruan tinggi bagi dosen.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan penerapan ilmu untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Baca Juga: HMS PNUP Gelar Seminar Nasional, Bahas Tantangan Green Building

“Berdasarkan informasi dari mitra bahwa pada musim kemarau area persawahan atau ladang tidak dapat ditanami karena kekurangan air. Maka kami berinisiatif untuk menerapkan Pompa Air Tenaga Surya sebagai penyedia air untuk keperluan irigasi tersebut. Dipilihnya Pompa Air Tenaga Surya karena merupakan salah satu energi alternatif yang dapat langsung menyalakan pompa pada saat panel surya mendapatkan iradiasi yang cukup,” kata ketua pelaksana.

Tanggapan dari mitra dengan adanya kegiatan ini menjadi sangat positif dan mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Negeri Ujung Pandang telah memberikan bantuan dan pelatihan penggunaan alat tersebut. 

“Kami dari Pemuda Tani Kabupaten Gowa mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas terlaksananya kegiatan ini yang secara langsung memberikan manfaat besar kepada petani. Awalnya kami tidak tahu bahwa energi matahari dapat digunakan untuk memutar pompa air, akan tetapi setelah melihat apa yang telah dilakukan oleh dosen dari PNUP, kami baru paham dan tahu bahwa energi matahari dapat langsung menghasilkan energi listrik,” papar mitra.