Tingkatkan Produktivitas Kelompok Tani Pangkep, Dosen Teknik Informatika Unhas Gelar Pelatihan

Teknik Elektro Unhas
Tingkatkan Produktivitas Kelompok Tani Pangkep, Dosen Teknik Elektro Unhas Gelar Pelatihan

Terkini.id, Pangkep – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PPMU-PKM) LPPM UNHAS dari Departemen Teknik Informatika dan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin (Unhas), melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Attangsalo, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep.

Pada kegiatan yang berlangsung Minggu, 5 Mei 2019 ini dilakukan pelatihan dengan tema “Business Model Canvas dan Social Media Marketing untuk meningkatkan Kapasitas Pengusaha Mikro Komunitas Usaha”.

Peserta pelatihan adalah anggota Kelompok Tani Pelita Desa yang merupakan kelompok pengusaha jeruk lemo di Desa Attangsalo.

Para peserta dibimbing langsung oleh Dr. Indrabayu, S.T., M.T., M.Bus.Sys., selaku Ketua Kegiatan, dan dibantu oleh anggota tim dari kalangan dosen Informatika Unhas yaitu Dr. Ir. Ingrid Nurtanio, M.T., Ir. Christoforus Yohannes, M.T., Dr. Eng. Zulkifli Tahir, S.T., M.Sc., Anugrayani Bustamin., S.T., M.T., dan Dosen Teknik Elektro Dr. Eng. Intan Sari Areni, S.T., M.T., serta tim peneliti dari Artificial Inteligence and Multimedia Processing (AIMP) Research Group Unhas.

Pelatihan ini diselenggarakan karena terdapat beberapa masalah yang dihadapi kelompok usaha tersebut, yaitu usaha yang sedang berjalan tidak melewati proses analisis bisnis, tidak adanya branding, serta tidak melibatkan media digital dalam proses marketingnya.

Oleh karena itu, dilakukan pengenalan Business Model Canvas (BMC) sebagai suatu model penjabaran model usaha dalam bentuk sederhana tetapi mudah dipahami.

Selain itu, dilakukan juga pengenalan social media marketing kepada peserta pelatihan untuk menunjang dan meningkatkan produktivitas usaha.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan Kelompok Tani Pelita Desa dapat mengenal dan memahami penggunaan BMC dalam merancang dan menganalisis model bisnis yang tepat untuk pengembangan usaha dan produk mereka.

Tujuan kegiatan

Selain itu, diharapkan para pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi digital dalam melakukan branding sehingga usaha dan produk mereka dapat lebih dikenal oleh masyarakat.

Kegiatan ini merupakan Program Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Hasanuddin-Program Kemitraan Masyarakat (PPMU-PKM) untuk pendanaan 2019 melalui LPPM UNHAS.

Berita Terkait
Komentar
Terkini