Tips Menu Sahur Sehat di Tengah Pandemi Ala Pakar Ilmu Gizi

Menu sahur / ist

Terkini.id, Makassar – Puasa Ramadan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tapi hal ini dengan catatan, Anda tetap memperhatikan pola makan dan nutrisinya. Jika sebaliknya, gula darah hingga berat badan bisa mengalami kenaikan.

Puasa di bulan Ramadan biasanya berlangsung sekitar 12 jam, sejak matahari terbit hingga terbenam. Dalam periode itu, tidak ada asupan makanan atau minuman ke dalam tubuh. Sebab itu, tubuh akan memanfaatkan cadangan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi.

Pakar Ilmu Gizi Universitas Hasanuddin, Citra Kusumasari mengungkapkan pentingnya memperhatikan menu sahur untuk menjaga kondisi kesehatan selama berpuasa.

“Saat bangun menjelang sahur, minumlah sekitar 1 gelas. Hindari makanan yang dapat merangsang saluran pencernaan, gunakan karbohidrat kompleks dan lemak baik,” kata dia, Jumat, 8 Mei 2020.

Kandungan dalam menu sahur harus memiliki karbohidrat yang kompleks seperti yang terdapat pada kacang polong, gandum, roti, dan nasi.

Baca juga:

Pilih makanan yang kaya serat, gandum utuh, yogurt, buah, dan sayuran. Jenis menu tersebut akan jauh lebih mengenyangkan dan mencukupi kebutuhan energi sepanjang hari.

Di sisi lain, Citra menganjurkan menghindari mengonsumsi minum kopi dan teh. Hal itu, kata dia, dapat memicu terjadinya dehidrasi dan rasa lemas selama menjalani puasa.

“Yang perlu diingat pesan pertama, gizi seimbang, jangan lupa bersyukur dengan hidangan yang bisa kita makan,” kata dia.

Untuk lebih jelas, ia pun menyarankan mengikuti program Kemenkes bernama “Isi Piringku”. Program ini menganjurkan memakan makanan secara tidak berlebihan.

“Komposisi makanan perhatikan “Isi Piringku”. Terkadang ada kesulitan menghabiskan makanan sahur sesuai kebutuhan atau setara makan malam. Ini memerlukan tambahan makanan instan dan baca label kandungan gizinya,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Ini Modal Utama Lawan Corona Menurut Ahli

Makanan untuk Pasien Covid-19: Asupan Protein dan Energi Lebih Tinggi

Di Tengah Pandemi Covid-19, Ahli Gizi Anjurkan Konsumsi Ikan ini

Mau Konsultasi Langsung Soal Kesehatan Jiwa di Tengah Pandemi, Hubungi No Ini!

Jaga Kesehatan Jiwa Saat Pandemi Covid-19? Psikiater Anjurkan ini

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Covid-19

Begini Cara Pebalap Astra Honda Jaga Kebugaran Saat Pandemi dan Ramadan

Dokter BAZNAS: Foto Bisa Berikan Energi Positif Untuk Pasien Covid-19

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar