TP PKK Sulsel Berhasil Turunkan Angka Stunting Sebanyak 5,1 Persen

Ketua TP PKK Sulsel, Lies F Nurdin, di Aula RSUD Salewangang Maros, Kamis, 16 Januari 2020

Terkini.id — Setahun lebih TP PKK Provinsi Sulsel gencar melakukan sosialisasi dalam mencegah stunting Sulsel.

Tidak sia-sia perjuangan TP PKK, hasilnya angka stunting turun sebanyak 5,1 persen, sekaligus menempatkan Sulsel di posisi 11 dari sebelumnya berada di posisi 4 untuk angka stunting tertinggi di indonesia.

“Sekarang angka stunting di Sulsel turun 5,1 persen, Alhamdulillah, kalau semua pihak turun untuk membantu dan terus sosialisasi ke masyarakat, Insya Allah stunting bisa kita tekan,” ungkap Ketua TP PKK Sulsel, Lies F Nurdin, di Aula RSUD Salewangang Maros, Kamis, 16 Januari 2020.

Pengentasan stunting di seluruh daerah di Indonesia masuk dalam salah satu program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Sementara, pengentasan stunting khusus di Sulsel merupakan program Zero Stunting yang dicanangkan Gubernur Prof Nurdin Abdullah bersama Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dan TP PKK Provinsi.

Untuk membantu mengentaskan stunting di wilayah Sulsel, Lies mengatakan bahwa pemerintah sudah menyiapkan bantuan sebesar 100 juta rupiah untuk masing-masing Kabupaten/Kota yang nantinya diperuntukkan untuk digunakan dalam menjalankan program-program terkait pengentasan stunting di masing-masing Kabupaten/Kota.

Selain memberi bantuan keuangan, Dosen dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas ini mengharapkan kehadiran Posyandu dapat membantu mengentaskan stunting di Susel.

“Mudah-mudahan semua posyandu di Kabupaten/ Kota aktif. Tetapi yang saya baca di datanya di sini itu ada sekitar 9.600 posyandu se-Sulsel, tapi yang aktif cuma sekitar 7.000 posyandu. Jadi tugas kita lah sebagai Pokja 4 untuk keliling di mana itu yang harus kita support,” jelas Lies.

Komentar

Rekomendasi

Gubernur Sulsel: Ketersediaan Kamar Pasien Covid-19 Masih Cukup

Gubernur Sulsel Hadiri Rakor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

Wagub Sulsel Tinggalkan Sepucuk Surat dalam Bingkisan untuk Petugas Medis

Andi Sudirman Minta Warga Tetap Patuh Pada Protokol Pencegahan Penyebaran Virus Corona

Lawan Corona, Forum OSIS Sulsel Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Rumah Warga

Banggar DPRD Sepakati Rp500 Miliar Tangani Covid-19 di Sulsel

Tidak Ada Gejala, Kadis Kesehatan Sulsel: Saya Positif Covid-19

Wakil Ketua DPRD Sulsel Ini Gunakan Drone Semprotkan Disinfektan dari Udara

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar