Unhas Jalin Kerjasama dengan Pemrov Sulsel dan Ehime University Jepang

Unhas
Unhas Jalin Kerjasama dengan Pemrov Sulsel dan Ehime University Jepang

Terkini.id, Makassar – Ehime University Jepang, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dan Unhas menyepakati perpanjangan kerjasama tiga pihak.

Perpanjangan kerjasama itu dilakukan dalam acara resmi yang dilaksanakan pada hari Senin, 4 Maret 2019 bertempat di lantai 5 Kantor Rektorat Ehime University, Kota Matsuyama, Provinsi Ehime, Jepang.

Acara penandatanganan MoU ini merupakan ujung dari hasil pembicaraan tiga pihak yang dilaksanakan di akhir tahun 2018 di Kampus Unhas Tamalanrea.

Saat itu pihak Ehime University berkunjung ke Makassar untuk bertemu dengan pihak Pemprov Sulsel dan Unhas.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah PhD mengatakan bahwa MoU tersebut terkait dengan peningkatan SDM Pemerintah Provinsi Sulsel.

“Melalui kesepakatan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan magister dan doktoral di Unhas dan Ehime University, pelaksanaan kegiatan riset bersama dan seminar, pertukaran material bahan belajar serta publikasi dan hal lain terkait pendidikan akademik,” ujar Suharman.

‚ÄúPenandatanganan dilakukan oleh masing-masing pimpinan tertinggi ketiga institusi tersebut. Prof Dr Ir HM Nurdin Abdullah MAgr selaku Gubernur Sulsel, selanjutnya Prof Dr Yuichi Ohashi sebagai Rektor Ehime University dan Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu,MA,” terangnya.

Dalam sambutannya sesaat setelah penandatanganan, Rektor Ehime University, Prof Yuichi Ohashi menyampaikan bahwa 9 tahun lalu, tepatnya pada Agustus 2010 ditandantangani MoU 3 pihak pertama kali, dan saat ini dapat dilakukan perpanjangan.

Dari data pihak Ehime University, kata Prof Yuichi, selama 5 tahun terakhir kerjasama 3 pihak tersebut telah ada 376 orang mahasiswa dan dosen yang datang ke Ehime dan berangkat ke Sulsel untuk melakukan kolaborasi bidang kemasyarakatan, akademik dan industri, juga baru-baru ini melakukan kolaborasi terkait bidang kebencanaan.

Hal ini, lanjutnua, ditandai dengan kajian kebencanaan pasca bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Di akhir sambutan singkatnya, Rektor Ehime University berharap kerjasama yang lebih erat dapat dilakukan serta lebih konkrit dalam bentuk seperti pelatihan bagi staf pemprov. Dalam waktu dekat akan dimulai dengan seminar internasional bersama.

Gubernur Sulsel apresiasi dukungan dan bantuan Ehime atas bencana yang melanda Sulteng

Unhas
Gubernur Sulsel, Rektor Unhas, dan Rektor Ehime University Jepang

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah, menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan bantuan Pemerintah Provinsi Ehime dan Ehime University atas bencana yang melanda Sulawesi Tengah akhir tahun lalu.

Prof Nurdin meyakini bahwa setidaknya ada 2 kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Sulsel dengan bekerjasama dengan Ehime University.

Kegiatan yang dimaksud adalah pengembangan kualitas produksi dan budidaya perikanan khususnya tuna dan ikan-ikan yang lain serta menggerakkan ekonomi masyarakat/petani dengan pendampingan terkait standar kualitas produksi dan pembiayaan skala kecil.

“Dengan budaya dan etos kerja masyarakat Jepang serta dukungan pihak kampus khususnya Unhas dan Ehime maka Mou ini tidak perlu menunggu lama untuk kelihatan hasilnya,” ujarnya.

Sambutan Rektor Unhas

Unhas
Foto bersama usai penandatanganan MoU

Sementara itu, Rektor Unhas Prof Dwia ketika menyampaikan sambutannya dengan nada optimis juga meyakini bahwa kerjasama ini akan terwujud dengan baiak dan sesegera mungkin.

Hal ini, kata Prof Dwia, dapat dilihat dari jejak rekam kerjasama antara Unhas dan Ehime University yang telah berlangsung sejak lama baik dalam bentuk SUIJI program, C-BEST program, KKN maupun kerjasama pertukaran dosen dan mahasiswa, publikasi bersama dan seminar internasional bersama.

“Hal ini juga diperkuat banyaknya staf dan alumni Unhas yang melanjutkan pendidikan di Ehime University,” ujar Prof Dwia.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan rapat tim kecil untuk mempertajam rencana kerjasama. Dan diakhiri dengan jamuan makan malam bersama, sebagaimana kebiasaan masyarakat Jepang.

Dalam jamuan makan malam tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Ehime Kazuhito Kouno, Gubernur Sulsel dan tim, Rektor Ehime dan tim, serta Rektor Unhas dan tim.

Berita Terkait
Komentar
Terkini