UNM Berikan Keringanan Bagi Mahasiswanya Ditengah Pembelajaran Daring

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Universitas Negeri Makassar (UNM), Sulawesi Selatan,
Menara Phinisi, Universitas Negeri Makassar (UNM). (Foto: Tribunnews)

Terkini.id, Makassar – Pimpinan Universitas Negeri Makassar (UNM), Sulawesi Selatan, mengeluarkan surat edaran bernomor 933/UN36/TU/2020 pada hari Rabu, 8 April 2020. Terkait penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dalam rangka menyikapi kondisi Pademi Covid-19 di lingkungan Universitas Negeri Makassar.

Sebelumnya, kampus tersebut telah menerapkan sistem belajar daring jauh hari sejak tanggal, 17 Maret. 2020. Akan tetapi, sampai saat ini, kebijakan tersebut tetap harus ditekan, demi memutus mata rantai penularan Virus corona (Covid-19) yang telah mewabah di tanah air.

Olehnya itu, untuk memastikan lancarnya seluruh aktifitas akademik yang berwujud daring, Pimpinan UNM menetapkan langkah-langkah lebih lanjut.

Berikut 9 langkah-langkah tersebut:

1. Mahasiswa aktif dan dosen dalam pembelajaran daring disiapkan 3 fasilitas untuk mendapatkan bandwith internet hasil kerjasama UNM:

Menarik untuk Anda:

a. Telkom Indonesia memberikan bandwith internet secara unlimited kepada mahasiswa dan dosen SSO wi-fi.id UNM di mana pun terdapat hotspot wi-fi. id. Mahasiswa dan dosen dapat menggunakannya untuk mengikuti pembelajaran daring seperti lms.unm.ac.id, unm.kelase.com, zoom, googleclass dann seterusnya.

b. Telkomsel dan Indosat memberikan kuota 30 GB bagi mahasiswa dan dosen yang menggunakan kartu Telkomsel dan Indosat untuk mengakses lms.unm.ac.

c. Selain dari fasilitas tersebut di atas, mahasiswa aktif akan diberikan subsidi voucher kuota internet senilai Rp50.000 dengan mendaftarkan nomor telepon dan NIM-nya kepada ketua Prodi untuk diverifikasi dan dilaporkan ke provider telekomunikasi.

2. Mahasiswa angkatan tahun 2013 yang akan berakhir masa studinya pada semester genap tahun akademik 2019/2020, diperpanjang masa studinya selama satu semester dan akan dibebaskan UKT semester ganjil tahun akademik 2020/2021.

3. Mahasiswa yang telah menyelesaikan seminar proposal dan telah melunasi semua MK, selain skripsi akan dibebaskan UKT semester ganjil tahun akademik 2020/2021.

4. Mahasiswa yang telah menyelenggarakan KKN semester genap tahun akademik 2019-2020 akan melanjutkan programnya di kampus UNM yang akan diatur kemudian oleh pusat KKN.

5. Masa kuliah praktikum (microteaching, laboratorium, bengkel, studio, keolahragaan atau kegiatan sejenisnya) yang tidak memungkinkan dilaksanakan secara daring, akan dijadwalkan ulang atau diberi penugasan yang ekuivalen.

6. Pelaksanaan pembimbingan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi dapat dilakukan secara daring.

7. Seminar proposal, seminar hasil, dan ujian tutup dilaksanakan secara daring.

8. Pelaksanaan UAS semester genap tahun akademik 2019/2020 tetap terjadwal sesuai dengan kalender akademik.

9. Kepada mahasiswa yang membutuhkan hand sanitizer dapat memperolehnya secara gratis di Menara hinisi lantai 7 pada hari kerja.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Gubernur Sulsel dan Pj Walikota Makassar Bawa Bantuan Ke Pulau Terluar

Polres Gowa Pasca Idul Adha, Hadapi Kebiasaan Baru

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar