Mahasiswa UNM Teliti Keterkaitan Nilai-nilai Matematika dan Pembuatan Perahu Pinisi

Mahasiswa UNM
Mahasiswa UNM Teliti Keterkaitan Nilai-nilai Matematika dan Pembuatan Perahu Pinisi

Terkini.id, Bulukumba – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penelitian di bidang Sosial Humaniora dengan judul “Etnomatematika Budaya: Eksplorasi Nilai-nilai Matematika dalam Pembuatan Perahu Pinisi”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Tanah Beru, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba.

Judul tersebut berhasil lolos mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional  (PIMNAS) ke-32 Tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Universitas Udayana, Bali pada tanggal 27-31 Agustus 2019 mendatang.

Ketua Tim, Muh Mahfud asal Luwu mengatakan bahwa landasan di balik judul yang diajukan yaitu mampu mengeksplorasi nilai-nilai matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini dikaji dalam pembuatan perahu pinisi.

“Membuktikan kalau matematika itu bukan hanya abstrak namun ada dalam kehidupan kita. Dalam hal ini pembuatan perahu pinisi,” kata Mahfud, Kamis 1 Agustus 2019.

Mahasiswa Matematika angkatan 2016 ini mengharapkan, penelitian tersebut dapat memberikan manfaat dengan mengungkapkan nilai-nilai etnomatematika yang terdapat dalam perahu pinisi, dan selanjutnya dapat membantu serta memudahkan siswa dalam pembelajaran matematika.

“Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk semua kalangan, baik siswa untupembelajaran kontekstual maupun masyarakat agar lebih mengenal keanekaragaman budaya Indonesia,” tuturnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

Teater Kondobuleng Terbang Menuju PTN

Terkini.id,Makassar - Tim Teater Rakyat Kondobuleng dari Sanggar Seni Tradisional Ilologading Paropo Makassar, terbang dengan pesawat Batik ke Samarinda menuju Pertemuan Teater Nasional (PTN)