Masuk

Viral Video Pria Umumkan Kartu ATM Akan Ditarik Pihak Bank dan Dialihkan ke Mobile Banking

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Viral video seorang pria mengumumkan kartu ATM bakal ditarik oleh pihak bank dan akan dialihkan ke mobile banking, Minggu 25 September 2022.

Dalam unggahan akun media sosial Instagram makasar_iinfo dilihat Terkini.id pada Minggu 25 September 2022, terlihat seorang pria berkacamata menyebut kartu ATM akan dialihkan pada mobile banking.

“Siap-siap nanti kartu ATM akan ditarik oleh bank karena perbankan akan mengurangi transaksi tunai, dan semua transaksi akan dialihkan ke mobile banking atau pembayaran menggunakan QR,” jelas dalam video postingan tersebut.

Baca Juga: Viral! Warga Cabut Logo Gereja di Tenda Bantuan Gempa, Chusnul Chotimah: Sebenarnya Islamophobia atau Kristenophobia?

Setelah ditelusuri asal video viral itu oleh Terkini.id, ternyata berasal dari akun TikTok omherpur.

Dia mengatakan pembayaran sudah digital. Oleh karena itu, mesin ATM bakal dikurangi.

“Dompet kita itu makin tipis. ATM-Nya sudah nggak ada kartunya. Kemudian juga mesin atm pun sebentar lagi juga akan dikurangi karena pembayaran sudah digital,” sebutnya.

Baca Juga: Turut Soroti Aksi Pelajar Tendang Nenek, Gus Umar: Betapa Biadab Kelakuannya!

Dia juga mengatakan sekarang orang tidak lagi menginginkan kembalian receh maupun permen.

Dengan menggunakan kode QR akan mempermudah seseorang dalam bertransaksi dan tak ada uang yang keluar.

“Orang bisa transfer m-Banking dan QRIS. Sampai ke hal kecil pun sekarang orang sudah males menggunakan uang tunai. Nggak mau ada kembalian receh. Nggak mau ada kembalian permen,” jelasnya.

“Jadi kalo pake m-Banking pake QR, GoPay, ShopeePay, LinkAja, mereka tinggal scan, selesai. Nggak ada uang yang keluar dan nggak ada receh yang masuk ke dalam kantong kita,” sambungnya.

Baca Juga: Viral! Pelajar Tendang Nenek, Zulfikar Akbar: Mereka Pelajar Tapi Kekurangan Kasih Sayang

Hingga berita ini dimuat, belum ditemukan oleh pihak Terkini.id terkait identitas dan kapasitas pria tersebut berbicara soal peralihan transaksi kartu ATM ke m-Banking.

Namun, dalam postingan makasar_iinfo, pihak Bank Indonesia (BI) membantah kebenaran dari pernyataan pria tersebut.

“Emang yang bilang siapa? Dari pihak bank? Digitalisasi dalam jangka panjang akan mengurangi kebutuhan uang kertas seperti sudah terjadi di banyak tempat, tetapi kebutuhan uang kertas akan tetap ada,” terang Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono pada Sabtu 24 September 2022.

“Kalau kebutuhan masih ada tentu mereka tidak akan serta merta menghentikan servisnya,” tambahnya.

Viral video pria umumkan kartu ATM akan ditarik dan dialihkan ke m-Banking (makasar_iinfo)