Virus Corona di Indonesia, Iqbal Imbau Warga Tak Panik dan Bereaksi Berlebihan

Terkini.id, Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb menyerukan kepada warga Makassar agar tak panik dan bereaksi berlebihan ihwal virus corona atau Covid-19.

Dia mengatakan suhu udara di negara seperti Tiongkok dan Korea Selatan berbeda dengan Indonesia yang beriklim tropis. Begitupun dengan gaya hidup yang berbeda.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Makassar agar tidak panik dan tetap melakukan aktivitas dengan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dengan langkah-langkah deteksi dini dan pencegahan dengan mengenali gejala virus corona,” kata Iqbal Suhaeb di Balai Kota Makassar, Selasa, 3 Maret 2020.

Baca Juga: Usung Tema ‘Makassar Recover’, Pemilihan Duta Bahasa Inggris Tingkat SMP...

Adapun langkah sederhana yang dianjurkan, antara lain, sering mencuci tangan dengan sabun, hindari kontak dengan hewan, rajin olahraga, dan istirahat cukup, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Bila mengalami batuk, pilek, dan sesak nafas untuk segera ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit.

Baca Juga: Ini Penyebab Kematian Covid Indonesia Lebih Tinggi Dibanding Negara Lain

“Hal yang perlu juga dilakukan yaitu menggunakan masker apabila batuk atau pilek. Sebenarnya masker itu tidak perlu orang sehat, malah yang perlu itu orang sakit itu yang diantisipasi menyebar. Kalau gejala flu, bisa antisipasi hindari minimal jaga jarak setengah meter dari orang sakit itu ,” tukasnya.

Iqbal pun meningkatkan respons cepat terhadap kasus yang diduga corona. Aduan tersebut yang biasanya dilakukan hanya sekali seminggu, saat ini menjadi setiap hari.

“Kalau ada yang ditemukan kurang dari 24 jam Tim TGC sudah tindaki,” pungkasnya.

Bagikan