Wabah Virus Corona Meluas, Pemerintah Larang Turis China Masuk ke Indonesia

Turis China
Turis China. (Foto: Akurat)

Terkini.id, Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memberlakukan larangan bagi seluruh turis yang berasal dari China daratan untuk memasuki wilayah RI.

Larangan tersebut merupakan tindak lanjut dari semakin meluasnya wabah virus corona di berbagai negara-negara di dunia yang berasal dari kota Wuhan, China.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pelarangan itu hanya bersifat sementara.

“Semua pendatang yang tiba dari mainland China dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia,” ujar Retno, seperti dilansir dari Suara, Minggu, 2 Februari 2020.

Tak hanya memberlakukan larangan, pemerintah RI juga untuk sementara waktu memberhentikan bebas visa dari negara China.

Menarik untuk Anda:

“Kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di mainland China untuk sementara dihentikan,” katanya.

Diketahui, selain merebak di China, virus corona juga menyebar di sejumlah negara lain. Semuanya rata-rata melibatkan warga China, yang berlibur di negara tersebut.

Akibat penyebarannya yang sangat cepat, sejumlah wilayah khusus China seperti Makau dan Hong Kong akhirnya melarang warga China berkunjung. Hal itu juga dilakukan sejumlah negara seperti Malaysia dan AS.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Salip Indonesia, Kini Filipina Tertinggi Kasus Kasus COVID-19 di Asia Tenggara

Calon Akpol Gugur karena Covid-19 Buktikan Dirinya Negatif, Polda Tak Terima

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar