Wabup Tomy Satria Pantau Hari Pertama UNBK di Dua SMK ini

Wabup Tomy Satria Pantau Hari Pertama UNBK di Dua SMK ini

Terkini.id,Bulukumba – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) digelar secara serentak di seluruh Indonesia, pada hari Senin 25 Maret. UNBK akan berlangsung selama empat hari, atau berakhir pada tanggal 28 Maret 2019.

Hari pertama UNBK, siswa SMK mengikuti ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan jumlah soal 50 buah yang dikerjakan selama dua jam. Selanjutnya mata pelajaran hari kedua dan seterusnya yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.

Menurut Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah V Bulukumba- Bantaeng, H Margafil, jumlah siswa yang mengikuti ujian nasional tahun 2019 di Kabupaten Bulukumba sebanyak 6.763 siswa yang terdiri dari siswa SMK sebanyak 2.462, SMA sebanyak 3.655 dan MA sebanyak 646 orang.

“Enam ribu tujuh ratus lebih siswa yang mengikuti ujian itu berasal dari SMK sebanyak 17 sekolah, SMA 32 sekolah dan MA sebanyak 13 sekolah, sehingga totalnya sebanyak 52 sekolah yang melaksanakan UNBK,” paparnya.

Hari pertama UNBK, Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Akhmad Januaris memantau pelaksanaan UNBK di SMK 1 Bulukumba. Di sekolah ini, Wabup menemukan salah satu siswa SMK 1 yang terjerat kasus hukum mengikuti ujian.

Siswa yang bernama Muhammad Ridwan tersebut mengikuti ujian di bawah pengawalan aparat kepolisian. Selama ujian, Muhammad Ridwan yang menjadi tersangka kasus pembunuhan diantar jemput oleh aparat dari Rumah Tahanan Kelas IIB Bulukumba ke SMK 1, tempat ia menempuh sekolah selama ini.

Usai pemantauan di SMK 1 Bulukumba, Wabup Tomy Satria Yulianto bergeser ke SMK 3 Bulukumba yang terletak di dusun Lembang Kecamatan Ujungloe. Dari pemantauan dua sekolah ini, Wabup Tomy Satria Yulianto menyarankan kepada pengelola sekolah agar ruangan yang dipakai siswa mengikuti UNBK dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC).

Menurutnya meski sudah menggunakan kipas angin, namun masih terasa gerah dan panas karena banyaknya orang di dalam ruangan.

“Demi kenyamanan siswa dalam mengikuti ujian, sebaiknya ruangannya dilengkapi dengan AC,” pinta Tomy Satria Yulianto.

Adapun jadwal pelaksanaan UNBK tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) akan gelar pada tanggal 1, 2, 4, dan 8 April 2019 mendatang.

Berita Terkait
Komentar
Terkini