Masuk

Wajo Akan Pertahankan Program Kampung Iklim 2022

Komentar

Terkini.id,Wajo – Pemerintah Kabupaten Wajo berkomitmen untuk mendapatkan kembali penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2022. 

Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia ini diberikan kepada daerah yang memiliki inisiatif, dedikasi dan diwujudkan dalam upaya secara nyata dalam pengendalian perubahan iklim. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Wajo, Andi Muh Baso Iqbal yang dikonfirmasi di ruang kerjanya pada Senin 2 Mei 2022 membenarkan bahwa pihaknya saat ini tengah berupaya mempersiapkan untuk penilaian lomba yang cukup bergengsi tersebut.

Baca Juga: Bupati Wajo Menjadi Salah Satu Delegasi Indonesia ke UEA

“Saat ini sudah masuk tahapan penilaian. Sementara kita tunggu jadwal  penilai  dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK RI untuk menilai Kabupaten Wajo,” ucapnya.

Baso Iqbal mengaku  bahwa untuk tahun ini, pihaknya menarget meraih kembali penghargaan ProKlim Kategori Utama.

“Selain itu, kita juga menargetkan untuk meraih kembali penghargaan Apresiasi Pembinaan Proklim Tahun 2022. Untuk penghargaan ini sendiri diberikan kepada kepala daerah yang aktif dalam mendukung dan mengembangkan ProKlim sebagai bentuk kontribusi nyata para pihak dalam upaya pengendalian perubahan iklim,” ucapnya.

Baca Juga: Pemkab Wajo dan DPRD Wajo Sepakati Ranperda APBD TA 2023

Tak hanya itu pihaknya juga telah melakukan persiapan untuk mendapatkan penghargaan proiklim. 

“kita sudah melakakukan kegiatan pembinaan terhadap kegiatan adaptasi, mitigasi maupun kelembagaan yang ada dilokasi sejak awal tahun 2022 sehingga pada tanggal 16 Mei 2022 telah didaftarkan ke aplikasi Sistem Registri Nasional Pengedalian Perubahan Iklim (SRN PPI)

“Adapun lokus yang disiapkan adalah Desa Simpursia Kecamatan Pammana yang sudah kita lakukan pembenahan dan Desa Bola Kecamatan Bola yang saat ini sedang dikunjungi tim kami,” jelasnya.

Andi Aso berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak agar prestasi sebelumnya setidaknya bisa dipertahankan, kalau bisa lebih ditingkatkan.

Baca Juga: Deklarasi Sekolah Bersinar, Bupati Wajo Ajak Seluruh Generasi Muda Perangi Narkoba

“Kami tentu mengharapkan kerjasama dan dukungan dari semua pihak agar kita bisa kembali mengharumkan nama Kabupaten Wajo di tingkat Nasional, khususnya melalui lomba proklim ini,” tutupnya.

Sekedar di ketahui Tahun 2021  lalu, Kabupaten Wajo berhasil meraih ProKlim Kategori Utama dan Apresiasi Pembina ProKlim Tingkat Kabupaten untuk kepala daerah.