Walikota Pimpin Upacara HUT RI ke-74 di Lapangan Pancasila Palopo

Walikota Palopo
Walikota Pimpin Upacara HUT RI ke-74 di Lapangan Pancasila Palopo

Terkini.id, Palopo – Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, yang ke 74 Kota Palopo Tahun 2019 dilaksanakan di Lapangan Pancasila, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Walikota Palopo HM. Judas Amir, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan yang membacakan Teks Proklamasi yakni Wakil Ketua DPRD Kota Palopo Hj. Hasriani

Mengutip sambutan gubernur, Walikota menyampaikan bahwa saat ini walaupun banyak hal yang harus kita syukuri, namun kita tidak boleh cepat berpuas diri. Indonesia harus mengejar ketertinggalan dan menggapai kemajuan dari negara-negara lain.

“Karena itu harus dibangun kesadaran kolektif sebagai suatu entitas yang akan berhadapan dengan tantangan dan persaingan yang mulai ketat dalam pergaulan masyarakat dunia. Dan untuk mengatasi seluruh persoalan bangsa dewasa ini, kita harus tetap utuh dan tidak boleh terpecah belah oleh pertentangan politik dan kepentingan jangka pendek,” ungkap Walikota.

Lanjutnya, peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia bukanlah rutinitas seremonial belaka, tapi di dalamnya mengandung makna dan hakikat yang lebih dalam.

“Minimal kita dapat melakukan kilas balik sejarah untuk menemukan jejak momentum yang menandai tahapan perjalanan negara ini,” ujar Judas Amir.

“Dengan semangat proklamasi kemerdekaan inilah, saatnya kita mempersatukan tekad dan potensi yang kita miliki untuk menjadikan Sulawesi Selatan menjadi lebih baik. Pembangunan harus kita mulai dari daerah pelosok dan terpencil, dengan meningkatkan infrastruktur, produktifitas sumberdaya manusia,” ujar Walikota mengutip sambutan seragam Gubernur.

Pada kesempatan itu juga, Walikota Palopo mewakili Gubernur Sulsel menghaturkan rasa terima kasih kepada para Anggota DPRD Kota Palopo, para pemuka agama, para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, mahasiwa dan segenap jajaran birokrasi di semua tingkatan, serta segenap komponen masyarakat yang telah bekerjasama dan berkesinambungan.

“Terima kasih secara khusus juga saya sampaikan kepada jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang selama ini telah menjalin komunikasi dan kemitraan yang harmonis dalam menciptakan stabilitas politik dan keamanan di Provinsi Sulawesi Selatan khususnya di Kota Palopo,” tandasnya.

Pada upacara detik-detik HUT Kemerdekaan RI ke- 74 di Palopo bertindak sebagai Komandan Upacara pengibaran bendera Letnan Satu Korp Polisi Militer F. M. Pasaribu, SS. T. Han., S. Ip, dan selaku Komandan Paskibraka Kapten Infanteri Agus Purnomo.

Adapun petugas pengibar bendera yang bertugas sebagai pembawa peti bendera, Claritha Febrilia Hermansyah asal sekolah SMA 2 Palopo, Pembawa Baki, Annisa Sudirman, Belakang Baki, Tiara Kirani Bakri, asal Sekolah SMA 1 Palopo, Pengerak Bendara, Willy Yanto Meyer, asal Sekolah SMA 6 Palopo, Komandan Pleton, Ikhwan Sampara, asal Sekolah SMA 3 Palopo, Pembentang bendera, Muhammad Bahruddin Ulang, asal Sekolah SMA 3 Palopo, Pagar, Nurul Hasyana, asal Sekolah SMA 2 Palopo, Nurul Hikmah anton, asal sekolah SMA 5 Palopo, Nur Intan Maharani Ilyas, asal Sekolah SMA 3 Palopo.

Pada pelaksanaan upacara turut dihadiri Kajari Palopo, Nur Cayana Yalamlan, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Palopo, Hasnuddin SH. MH. Kapolres Dandim 1403 Sawerigading Letkol. Inf. Imasfy, serta Ketua TP PKK Kota Palopo, dr. Utiahsari Judas, dan Wakil Ketua TP PKK Kota Palopo, Nurlinda Sabani.

Upacara juga turut dihadiri jajaran TNI dan Polri, wakil ketua dan anggota DPRD Kota Palopo, Legiun Veteran Palopo, seluruh ASN dan pejabat lingkup Pemerintah Kota Palopo, Korps Pramuka, KNPI Kota Palopo, serta perwakilan pelajar Kota Palopo.

Berita Terkait
Komentar
Terkini