Waspada Virus Corona, Bupati Luwu Utara Keluarkan Surat Edaran

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP),
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP),

Terkini.id, Luwu Utara –  Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menerbitkan surat edaran untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap mewabahnya penularan COVID -19 atau virus Corona di Kabupaten Luwu Utara.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat dihubungi terkini.id, mengakatakan dirinya menandatangani surat edaran sejak Senin 2 Maret 2020 kemarin dan akan diedarkan pada Selasa 3 Maret 2020 hari ini.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik tetapi tetap waspada. Kami minta aktif koordinasi, mewaspadai adanya virus Corona,” ujarnya.

Diketahui surat edaran itu dikeluarkan per taggal 2 Maret 2020, No 430/372/DK ditujukan kepada Direktur RS Andi Djemma Masamba, Direktur RS Hikmah Masamba dan Kepala UPT Puskesmas se Kabupaten Luwu Utara.

Waspada Virus Corona, Bupati Luwu Utara Keluarkan Surat Edaran

Bersama dengan surat edaran tersebut , pemerintah Luwu Utara menyampaikan beberapa langkah kewaspadaan dan pencegahan sebagai berikut:

  1. Melakukan sosialisasi internal kewaspadaan terhadap pneumonia Novel Coronavirus pada unit-unit terkait.
  2. Melakukan edukasi atau penyuluhan kepada masyarakat secara langsung menggunakan media sosial untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat.
  3. Menanyakan riwayat perjalanan dari Negara terjangkit selama 14 hari terakhir pada setiap pasien pneumonia yang ditemukan.
  4. Melakukan isolasi atau pemisahan pasien sementara menunggu proses rujukan.
  5. Menyediakan dan memastikan kompetensi petugas menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai dengan standar pencegahan penularan penyakit melalui udara (airborne disease);
  6. Melakukan investigasi dan penanggulangan sesuai ketentuan yang berlaku untuk mencegah penularan dan penyebaran lebih lanjut dan agar kejadian tidak meluas menjadi kejadian luar biasa (KLB).
  7. Jangan Panik.
  8. Waspada bila muncul gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan demam untuk segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan.
  9. Pola hidup sehat seperti :
  10. Rajin cuci tangan dengan sabun antiseptic minimal 20 detik, terutama setelah memegang barang-barang di fasilitas umum, sebelum makan dan minum;
  11. Hindari memegang area muka, mulut, hidung, bila belum cuci tangan;
  12. Gunakan masker saat batuk, pilek atau flu atau saat berada di area infeksius seperti rumah sakit atau saat di keramaian yang padat.
  13. Makan dan minum teratur dan bergizi.
  14. Istirahat yang cukup.
  15. Hindari konsumsi yang menurunkan imunitas seperti alkohol, merokok, dan lainnya.
  16. Olahraga yang teratur
  17. Hindari kontak dengan penderita tes komfirmasi COVID-19,
  18. Apabila menemukan gejala di atas segera hubungi call center surveilans kabupaten (081342648399) dan PSC 110 (085226046119).

Komentar

Rekomendasi

Gubernur Sulsel: Pemda Luwu Utara Serius Memutus Mata Rantai Covid-19

Syaharuddin Alrif Serahkan Surat Rekomendasi NasDem ke Tahar-Rahmat

Tahar Rum Gandeng Rahmat Laguni di Pilkada Luwu Utara

Wakil Gubernur Sulsel Kunjungi Lokasi Wisata Maipi

Rayakan Ulang Tahun ke-43, Bupati IDP: Ingin Terus Menjadi Manusia Bermanfaat

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar