Waspadai Jenis Makanan Ini Pemicu Kolesterol Tinggi

Makanan tinggi kolesterol. Sumber : Tokopedia

Terkini.id, – Kolesterol merupakan lemak berwarna kekuningan yang diproduksi oleh tubuh dan berguna untuk menunjang pertumbuhan sel yang sehat. Selama kolesterol berada dalam batas normal yaitu tidak lebih dari 200mg/dl, tidak menjadi masalah bagi tubuh.

Perlu diwaspadai jika kolesterol di dalam tubuh meningkat dari batas normal, ini akan memicu munculnya penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

Kelebihan kolesterol akan memunculkan endapan lemak di pembuluh darah arteri yang dapat menyebabkan penyempitan, pengerasan pembuluh darah bahkan menyumbat aliran darah.

Jika aliran darah tersumbat maka suplai darah ke jantung menjadi berkurang, sehingga menimbulkan nyeri di dada yang bisa memicu serangan jantung.

Makanan bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi diluar faktor keturunan.

Menarik untuk Anda:

Kolesterol diproduksi oleh hati namun kolesterol juga ditemukan dalam makanan.

Melansir dari berbagai sumber, beberapa jenis makanan di bawah ini bisa menumpuk kolesterol tinggi di dalam tubuh.

1. Makanan Siap Saji

Makanan jenis ini mengandung kolesterol yang banyak seperti hot dog, pizza, hamburger mengandung 465 mg kolesterol per saji atau 155 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Untuk ukuran 100 gram sajian saja sudah mengandung 173 mg kolesterol atau 58 persen dari jumlah kebutuhan harian kolesterol.

2. Makanan dari Organ Dalam (Hati, Jantung, Jeroan, Babat, Otak)

Makanan yang diolah dari hati memiliki kolesterol tinggi. Hati sapi mengandung kolesterol tinggi, dalam 100 gram hati sapi mengandung 494 mg kolesterol atau 164 persen dari jumlah kebutuhan harian kolesterol orang dewasa. Selain itu, jantung, jeroan, babat dan otak juga termasuk mengandung kolesterol tinggi yang harus dibatasi untuk mengonsumsinya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Mengenal Sinovac, Perusahaan Tiongkok yang Kirim Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Orangtua Perlu Tahu, Ini Cara Agar Anak Tak Stress Hadapi Pandemi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar