Wow! 1,4 Juta Warga China Ikut Tes CPNS, ‘Padahal Rakyat Indonesia Banyak yang Nganggur’, Gak Salah Tuh?

Terkini.id, Jakarta – Beredar sebuah kabar mengejutkan yang menyebutkan bahwa sebanyak 1,4 juta warga China turut mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Disebutkan bahwa kabar tersebut beredar lewat pesan berantai WhatsApp yang disertai sebuah link berita.

Dalam pesan itu, dikabarkan bahwa jutaan warga China diberi kesempatan mengikuti tes CPNS, sementara di Indonesia sendiri angka pengangguran masih tinggi.

Baca Juga: Heboh Isu Rencana Uang Baru Gambar Jokowi, Warganet: Kalau Dikasih,...

“Astagfirullah warga china dikasih kesempatan utk jadi PNS, padahal rakyat Indonesia sendiri masih banyak nganggur ! Yaa Allah cabutlah dan runtuhkanlah segera rezim ini,” demikian isi pesan tersebut mengutip Era.id, Jumat 3 Desember 2021.

Namun, setelah ditelusuri, dilansir dari laman turnbackhoax, faktanya informasi tersebut merupakan berita hoax.

Baca Juga: CPNS Mengundurkan Diri Karena Lokasi, Netizen: Kalau Gitu Ngapain Daftar

Di mana informasi tersebut termasuk konteks yang salah yakni ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

Diektahui, sumber tersebut membagikan artikel berjudul “1,4 Juta Warga China Ikut Tes PNS 2021, Persaingan Superketat” dengan narasi yang tidak sesuai dengan fakta, sehingga menimbulkan kesimpulan yang salah.

Sedangkan, dilihat dari sumber foto informasi tersebut yang merupakan konteks aslinya dari berita Reuters.

Baca Juga: CPNS Mengundurkan Diri Karena Lokasi, Netizen: Kalau Gitu Ngapain Daftar

Di mana foto tersebut tentang Pencari kerja memadati bursa kerja di Liberation Square di Shijiazhuang, provinsi Hebei, Cina 25 Februari 2018. Diketahui, Gambar diambil 25 Februari 2018 lalu.

Sementara itu, artikel yang dibagikan ialah diambil dari jpnn.com: “jpnn.com, BEIJING – Sekitar 1,42 juta warga China bersaing ketat memperebutkan 31.200 posisi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) setempat untuk formasi tahun 2021.”

Bagikan