Makassar Terkini
Masuk

Wow! Mahathir Mohamad Akui Indonesia Unggul dari Malaysia Hingga Sebut Jokowi Cocok Jadi Pemimpin ASEAN

Terkini.id, JakartaMantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, mengatakan untuk pertama kalinya Indonesia lebih baik dari Malaysia dalam hal memimpin negara ASEAN.

“Untuk pertama kalinya, Indonesia melakukan lebih baik daripada Malaysia. Dulu Malaysia yang memimpin grup ASEAN, dalam artian pengembangan ASEAN. Tapi sekarang Malaysia kesusul dengan Indonesia,” ujar Mahathir Mohamad kepada Sea Today News.

Tak hanya itu, Mahathir juga mengaku bahwa Indonesia saat ini kian aktif membuka hubungan diplomatik baik di ranah domestik dan internasional.

“Indonesia sangat aktif di ranah internasional begitupula di domestik dengan menempatkan keduanya sesuai porsinya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menilai bahwa Presiden Jokowi dapat membawa Indonesia menjadi pemimpin ASEAN sebab kualitas yang dimiliki, seperti layaknya Presiden Soeharto dahulu.

“Sebelumnya (Indonesia pernah memimpin), karena Presiden Soeharto yang menjadi anggota (ASEAN) tertua. Tetapi saat ini, presiden Jokowi juga memiliki kualitas yang bagus untuk bisa menjadi pemimpin ASEAN,” kata Mahathir.

Dilansir dari Indozone, pada Kamis 23 Desember 2021, Mahathir mengungkapkan bila ia memiliki hubungan baik dengan Presiden Jokowi. 

Keduanya saling melakukan pertemuan empat mata dan mendiskusikan banyak hal.

“Hubungan kami sangat baik. Setelah saya mengunjungi Jakarta untuk menemui Presiden Jokowi, dan kami melakukan pertemuan empat mata, saat tak ada orang lain di sekitar. Dan kami membahas banyak hal,” terangnya.