Zainuddin Mailiki Menganggap Langkah Meniadakan UN Tahun 2020 Sudah Tepat

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Zainuddin Mailiki saat bersama Mendikbud Nadiem Makarim

Terkini.id, Jakarta-Langkah pemerintah meniadakan ataupun menghapus Ujian Nasional (UN) 2020 dinilai sebagai langkah yang tepat, terlebih lagi di tengah wabah Virus Corona atau Covid-19 seperti saat ini dianggap baik oleh salah satu Anggota Komisi X DPR RI Prof. Zainuddin Mailiki

“Meniadakan Unas (UN) itu adalah langkah yang tepat untuk menghindari kemungkinan terkena pandemi Virus Corona,” ungkap Anggota Komisi X DPR RI, Zainuddin Maliki.

Zainuddin mengaku bahwa tidak memungkinkan memang untuk menyelenggarakan UN, baik daring apalagi dengan kehadiran secara fisik di sekolah, Ia juga meminta Menteri Pendidikan untuk menyelesaikan format pengganti Ujian Nasional.

“Oleh karena itu diharapkan Mas Menteri (Mendikbud Nadiem Makarim) segera menyelesaikan format pengganti UN yang dihapus tersebut,” ujar Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya itu.

Zainuddin mengatakan, salah satu alternatifnya bisa menggunakan akumulasi Nilai rapor dan kemudian ditandai dengan Surat Tanda Tamat Belajar, sehingga bisa dijadikan dasar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

“Kita menyarankan agar Mas Menteri segera membuat pedoman SOP dengan peniadaan UN tersebut agar semua sekolah segera mendapatkan kepastian,” kata Politikus PAN itu.

Zainuddin menilai, untuk masuk ke SMP, SMA ataupun SMK memang lebih mudah karena dasarnya zonasi. Sedang untuk memasuki perguruan tinggi, maka pihaknya menyarankan Mendikbud segera membuat pedoman juga untuk penerimaan mahasiswa baru.

“Saya kira tidak masalah kalau 100 persen menggunakan dasar zonasi, tetapi kalau ingin memasukkan 30 persen unsur prestasi yang diukur dari Nilai rapor maka dapat menggunakan dasar akumulasi Nilai yang diperoleh selama ini, mulai kelas 1 sampai kelas 6 SD atau kelas 7-9 SMP”, jelas nya.

Komentar

Rekomendasi

Antisipasi Virus Corona, Kepala Desa Bontolebang Bersama Perangkatnya Melakukan Penyemprotan Disinfektan Dirumah Warga

Viral Ojol Rela Tersiram Cairan Disinfektan Demi Jaga Orderan, Najwah Shihab Terharu

Pemkot Keluarkan Himbauan, Untuk Para Pelaku Usaha, Begini Isinya

Cegah Covid-19, IZI Sulsel dan YBM PLN Lanjutkan Program 1000 Masker Kain Untuk Masyarakat

Terkait Efektivitas Kuliah Daring Mahasiswa Ini Angkat Bicara

Minimnya APD Dipasaran, Ini Langkah Srikandi Polres Gowa

20 Hari Operasi Antik 2020, Polres Gowa Amankan 23 Pelaku Terduga Kasus Narkoba Dari 17 Penangkapan

Kapolres Gowa : Terima Kasih Kepada Seluruh Personil Polres Gowa Atas Partisipasinya Mengedukasi Warga Akan Bahaya Virus Corona

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar