116 ASN Jeneponto Ikuti Ujian Kompotensi Pemetaan Potensi Pejabat

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar buka Ujian kompetensi dalam rangka pemetaan potensi ASN pejabat administrator untuk pengembangan karir lingkup Pemerintah Kabupaten Jeneponto, Senin, 9 September 2019

Terkini.id,Jeneponto – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bekerjasama dengan LPPT Widya Prasetya menggelar  Ujian kompetensi dalam rangka pemetaan potensi ASN pejabat administrator untuk pengembangan karir lingkup Pemerintah Kabupaten Jeneponto, Senin, 9 September 2019.

Kegiatan yang diikuti 116 peserta berlangsung di ruang Pola Panrannuangta Kantor daerah Jenepontoitu di buka oleh Bupati Kabupaten Jeneponto Iksan Iskandar dan dihadiri Wakil Bupati Paris Yasir, Sekda Syafruddin Nurdin, Kadis BKPSDM dan Direktur LPPT Widya Prasetya ibu Widya.

Kepala Bidang Mutasi dan Penilaian Kinerja BKPSDM Jeneponto, Hasbullah Arsyad, selaku pelaksana kegiatan melaporkan, dasar pelaksanaan ujian kompetensi dalam rangka pemetaan potensi ASN pejabat administrator untuk pengembangan karir.

“Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan, undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Peraturan Pemerintah nomor 11 tentang manajemen aparatur sipil negara dan Peraturan BKN nomor 5 tahun 2019 tentang tata cara pelantikan,” kata Hasbullah.

Menurut Hasbullah, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah memetakan potensi pejabat administrator baik Eselon IIIS dan eselon IIIB.

“Pejabat yang telah menduduki jabatan sesuai dengan job description dan fungsi yang menjadi tugas pokok dan fungsinya untuk meningkatkan kinerja pegawai aparatur sipil negara dalam mencapai visi misi Pemerintah Kabupaten Jeneponto dan mengukur nilai kompetensi pejabat administrator,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, Menyampaikan,Salah satu point dalam Misi Pemerintah Daerah pada Periode yakni Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.

‘Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia ini erat pula kaitannya dengan kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur. Dalam artian dinamika pembangunan pemerintahan, diperhadapkan semakin pentingnya membangun peradaban pemerintahan yang berdasarkan kepemerintahan yang baik,” ungkap Iksan Iskandar.

Menurutnya, untuk menciptakan roda pemerintahan yang lebih baik kedepan diperlukan upaya strategis untuk memperkuat legitimasi publik yang sangat terkait dengan tingkat kapasitas pemerintah daerah dalam mengembang fungsi-fungsi pemerintahan untuk mrnjalankan dan mewujudkan amanah masyarakat.

“Paradigma tersebut merupakan tantangan yang harus kita hadapi dan meresponnya dengan tepat, dengan berupaya melakukan berbagai kegiatan peningkatan potensi aparatur pemerintahan agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas-tugas prlayanan, pembangunm dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Iksan Iskandar pun menegaskan kepada peserta untuk menunjukkan potensi dan kecerdasannya dalam ujian kompetensi pemetaan ASN tersebut.

“Semua peserta harus mengikuti kegiatan ini, karena dengan ujian ini pimpinan pemerintahan akan lebih mudah menempatkan pejabat pada potensinya masing-masing,” tandasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini