4 Tips Atasi Kecanduan Game Online Pada Anak

Ilustrasi anak-anak kecanduan game online. (Foto: hellosehat)

Terkini.id – Masa anak-anak merupakan masa yang menyenangkan dan biasa juga disebut masa transisi, dimana pada masa tersebut anak-anak bermain sambil belajar.

Bermain game online di ponsel, komputer, atau gadget lain, banyak dimanfaatkan orangtua untuk membuat anaknya tenang. Nyatanya, terlalu sering bermain online dapat berisiko buruk pada kesehatan anak.

Dilansir dari Hellosehat, berikut 4 tips mengatasi kecanduan game online pada anak.

1. Menguraikan waktu anak bermain sendiri

Bermain sendiri dapat membuat anak mengenal dirinya dan kemampuannya lebih baik. Namun perlu diingat, memberikan waktu anak bermain sendiri juga dapat memberikan peluang bagi anak untuk bermain game online sesuka hati.

2. Kunci dan amankan game dari jangkauan anak

Gadget merupakan media anak untuk memainkan game online. Jadi, Anda harus menyimpannya di laci lemari atau di tempat yang sulit terjangkau. Ini dapat menyulitkan anak untuk bermain gadget diam-diam.

Selain itu, dengan memasang kata sandi yang sulit ditebak oleh anak. Anak akan sulit mengakses gadget Anda. Terlebih lagi, jangan biarkan gadget Anda secara otomatis terpasang dengan internet. Sehingga, anak mau tidak mau harus mendapatkan izin Anda lebih dahulu sebelum memainkan game online.

Game Online
Ilustrasi game online. (Foto: grid)

3. Isi dengan kegiatan yang menyenangkan

Dengan melakukan hal yang menyenangkan seperti mengajak anak berbelanja, menyiram tanaman, membersihkan halaman, atau kegiatan bersama lainnya yang menyenangkan dapat mengurangi waktu anak bermain, dan mencegah anak kecanduan game online.

4. Menunjukkan sikap tegas Anda

Pasti sangat sulit menyuruh anak berhenti bermain gadgetnya saat waktu main gadgetnya sudah habis. Mungkin anak akan terus mengulur waktu bahkan tantrum. Jika sudah sepert ini,, cobalah bersikap tegas dengan mengambil atau matikan gadgetnya secara paksa.

Anda harus mengajaknya melakukan aktivitas lain. Misalnya, menyuruhnya mandi, makan, atau membantu Anda beres-beres. Agar pikirannya tidak lagi terpusat pada permainan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini