5 Fakta Mengejutkan Terkait Bebasnya Ahok

Terkini.id, Makassar – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok, resmi bebas hari ini, Kamis 24 Januari 2019.

Basuki Tjahaja Purnama tidak disangka banyak orang sudah keluar dari rutan Mako Brimob, Depok, pukul 07.30 WIB.

Hal itu disampaikan oleh staf pribadi Ahok yang juga caleg DPRD DKI dari PDIP, Ima Mahdiah, seperti dilansir dari kumparan.

Baca Juga: Ahok Blak-blakan Cerita Soal Perceraiannya dengan Veronica Tan dan Menikah...

“Iya tadi sudah keluar pukul 07.30 WIB. Ini lagi on the way, ke suatu lokasi,” terang Ima.

1. Segera Menikah

Basuki Tjahaja Purnama yang belakangan meminta dipanggl BTP atau Basuki saja akan menikahi seorang anggota polisi, Bripda Puput Nastiti Devi.

Baca Juga: Ungkap Masalah Perceraiannya, Ahok: Saya Orang yang Tak Pernah Mau...

Disebutkan, Bripda Puput sudah mengajukan surat numpang nikah dengan BTP di Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Depok, Jawa Barat.

Lewat orang tuanya, Puput memasukan berkas untuk menikah tersebut tanggal 16 Januari 2019.

“Sekitar tanggal 16 Januari (ngajuin surat numpang nikah). Orang tuanya yang hadir,” ujar Lurah Pasir Gunung Selatan, Aslih Sinten, seperti dilansir detikcom, Kamis 24 Januari 2019.

Baca Juga: Basuki Tjahaya Purnama

Menurut Aslih, pernikahan mereka akan digelar di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Tapi ia tidak mendapatkan informasi lebih detail mengenai waktu dan tanggal pernikahan tersebut.

2. Jadi Sorotan Dunia

Bebasnya BTP, juga menjadi sorotan dunia.

Media ternama Amerika Serikat, The New York Times misalnya, memberitakan bebasnya Ahok dalam artikel berjudul “Governor Convicted of Blasphemy Freed From Indonesian Prison”.

Media terkemuka Australia, ABC News mengangkat berita tersebut dalam artikel berjudul “Is the release of former Jakarta governor Ahok a political liability or an asset for Joko Widodo?”

Media ternama Australia, Sydney Morning Herald mengangkat berita dengan judul “Ahok release a reminder of ‘weaponised’ blasphemy law in Indonesia”.

Sementara, media South China Morning Post menulis bebasnya Ahok dengan judul menarik “Ex-Jakarta governor Ahok: out of jail.. and into arms of ex-wife’s bodyguard”.

Artikel tersebut mengupas rencana Ahok menikahi Puput Nastiti Devi, yang dulunya merupakan pengawal mantan istrinya, Veronica.

Kabar pembebasan Ahok juga diberitakan oleh media terkemuka AS Washington Post, media terkenal Singapura, The Straits Times, media ternama Inggris, The Guardian serta media-media asing lainnya seperti CNN, Al Jazeera, BBC, dan lain sebagainya.

3. Pulang ke Belitung dan Liburan

BTP juga dikabarkan akan pulang kampung setelah bebas.

Selain pulang kampung ke Belitung Timur, Ahok akan berlibur ke Bali dan Jepang setelah bebas hari ini. Hal ini diungkapkan mantan Wagub Ahok, Djarot Saiful Hidayat.

“Apalagi sebentar lagi kan imlek. Abis itu mengunjungi tempat-tempat wisata. Mau ke Bali. Mau menikmati bunga Sakura di Jepang,” kata Djarot.

4. Pembicara Luar Negeri

Tak hanya itu, menurut Djarot, Ahok juga akan menjadi pembicara di luar negeri. Ahok akan berbicara sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta.

“Diundang berbicara ke Australia lalu ke New Zealand. Kapasitasnya sebagai orang yang punya pengalaman jadi gubernur, pernah menata Jakarta. Tentang komitmen beliau dalam memberantas korupsi, dan lain-lain,” tutur Djarot.

5. Dijemput Anak Sulung

Saat bebas, BTP cuma dijemput oleh putra sulungnya, Nicholas Sean Purnama, dan perwakilan Tim BTP termasuk Ima. Dari pihak keluarga, hanya Nicholas yang menjemput.

Ahok dipenjara selama dua tahun setelah divonis bersalah atas kasus penistaan agama. Ahok dinilai melanggar Pasal 156a huruf a KUHP, yaitu secara sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap suatu agama.

Putusan itu lebih berat dari tuntutan jaksa, yakni hukuman penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun.

Bagikan