7 Tindakan Pertama untuk Pertolongan Terhadap Serangan Jantung

Pertolongan pertama serangan jantung
Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Terkini.id, – Serangan jantung terjadi apabila jantung kekurangan suplai darah yang menyebabkan otot jantung menjadi rusak. Kerusakan yang dialami otot jantung menyebabkan kinerja jantung tidak berfungsi dengan baik dan akhirnya akan membuat jantung berhenti berdetak.

Kejadian serangan jantung yang tiba-tiba tentu akan menakutkan bagi siapapun, bahkan kerap menyebabkan kematian mendadak.

Pertolongan pertama sangat diperlukan untuk cepat menyelamatkan nyawa penderita.

Sering kali gejala serangan jantung dimulai dengan perlahan ditandai dengan rasa tidak nyaman dan nyeri sebagai tanda peringatan.

Penderita yang mengalami serangan jantung bisa mengalami gejala yang berbeda-beda mulai dari ringan sampai berat.

Menarik untuk Anda:

Bagi penderita diabetes atau yang sudah lanjut usia mungkin tidak terlalu merasakan gejala serangan jantung.

Beberapa gejala serangan jantung yang bisa diketahui seperti di bawah ini :

1. Rasa tidak nyaman di dada terutama di bagian tengah dengan rasa datang pergi yang berlangsung beberapa menit. Rasa tidak nyaman di dada itu seperti tertekan, penuh, berat serta nyeri di dada. Rasa nyeri bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain misalnya di leher, lengan, punggung,bahu, rahang atau perut.

2. Sesak napas, dapat terjadi mungkin datang tanpa rasa tidak nyaman di dada atau datang bersamaan rasa nyeri di dada. Sesak nafas akan membuat penderita kesulitan menarik nafas dalam-dalam.

3. Berkeringat dingin mual, muntah, pusing,mati rasa, kesemutan di lengan, sangat kelelahan.

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

Hal yang harus kita lakukan dalam memberikan pertolongan pertama pada penderita

1. Segera hubungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan bantuan medis dan mobil ambulans. Atau orang terdekat yang memiliki kendaraan segera antar penderita ke rumah sakit terdekat.

2. Bantu penderita serangan jantung untuk tetap tenang dan duduk dengan posisi tegak. Kendurkan semua pakaian ketat yang membuat dada terasa semakin sesak dan berikan pijatan ringan untuk membuatnya nyaman. 

3. Penderita jika sepenuhnya sadar bisa diberi minum aspirin dalam dosis normal (325 miligram), untuk memperlambat penggumpalan darah. Atau jika pernah diresepkan dokter bisa mengonsumsi nitrogliserin untuk pertolongan pertama serangan jantung.

4. Jika penderita mengonsumsi obat jantung, bantu untuk meminumnya. Setelah selama 3 menit meminum obat jantung dan rasa sakit tak kunjung hilang maka segera bawa penderita ke rumah sakit.

5. Bila penderita tak sadarkan diri, segera hubungi rumah sakit terdekat untuk memberikan bantuan CPR (teknik kompresi dada dan pemberian nafas buatan yang benar.

6. Jika belum bisa memberikan bantuan CPR, minta instruksi dari petugas operator medis.

7. Jangan pernah tinggalkan penderita serangan jantung sendirian dan jangan panik.  Hindari memberikan obat yang bisa memperparah kondisi serangan jantung terutama jika penderita sudah dalam kondisi hampir tidak sadarkan diri. 

Pastikan jangan membiarkan penderita mengalami gejala dan tidak meminta bantuan dan jangan menunggu gejala menghilang juga jangan apapun kepada penderita melalui mulut selain obat yang diperlukan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Sirkulasi Darah Tidak Lancar dalam Tubuh, Ini yang Akan Terjadi

Rahasia Bersih-bersih Rumah Tanpa Harus Capek

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar