5 Manfaat dari Tanaman Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Kesehatan Jantung

Terkini.id, Makassar – Indonesia dikenal dari sejak dahulu kaya dengan tanaman ataupun rempah-rempah yang sangat berlimpah. Salah satu tanaman ataupun rempah-rempah yang mudah didapatkan yakni Bawang Putih. Bawang putih menjadi penyedap di berbagai makanan. Bukan hanya rasanya yang kuat tetapi juga memiliki kandungan nutrisi kuat. 

Dikutip oleh Suara.com dari Mdlinx, bawang putih mengandung vitamin B dan C, serta mangan, selenium, zat besi, tembaga, dan kalium. 

“Bawang putih juga merupakan sumber allicin yang bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan,” kata ahli diet terdaftar Laura Jeffers, dari Cleveland Clinic.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Kopi Ternyata Bisa Baik untuk Kesehatan Jantung

Bersama dengan nutrisi lain, allicin, cairan berminyak bawang putih memberikan fitur anti-inflamasi dan antioksidan pada bawang putih.

Menurut sebuah ulasan dari Antioxidant, bawang memiliki efek peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit. Secara lebih rinci berikut 5 manfaat bawang putih untuk kesehatan, antara lain:

Baca Juga: 7 Tindakan Pertama untuk Pertolongan Terhadap Serangan Jantung

1. Meningkatkan kekebalan

Menurut ahli diet terdaftar Cynthia Sass, bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi lebih banyak bawang putih cenderung terkena flu lebih sedikit dan pulih lebih cepat jika mereka terinfeksi virus. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dapat mengurangi keparahan pilek atau flu.

2. Risiko kanker lebih rendah

Baca Juga: 7 Tindakan Pertama untuk Pertolongan Terhadap Serangan Jantung

Senyawa bawang putih telah ditemukan menawarkan perlindungan dari beberapa jenis kanker, termasuk kanker perut, tenggorokan, prostat, dan usus besar. Menurut Amanda Bakko, ahli gizi di Chesapeake Regional Healthcare di Norfolk, menyatakan bahwa sifat antikanker bawang putih disebabkan kandungan fitokimia yang berperan dalam mencegah kanker dan memperlambat perkembangannya.

3. Peradangan

Sifat anti-inflamasi adalah salah satu manfaat kesehatan bawang putih yang paling menarik. Menurut ulasan Antioxidant, peradangan mendorong berbagai penyakit kronis, dari kanker hingga penyakit jantung. Untungnya, konsumsi bawang putih dapat menyebabkan pengurangan sitokin inflamasi yang signifikan. 

“Studi menunjukkan bahwa minyak bawang putih meredakan nyeri dan radang sendi dan otot,” kata ahli diet Jeffers.
Arthritis Foundation merekomendasikan bawang putih untuk mencegah kerusakan tulang rawan pada pasien radang sendi.

4. Sifat antibiotik dan antibakteri

Menurut ahli gizi Amanda Bakko, sifat antibiotik dan antibakteri bawang putih menawarkan berbagai manfaat bagi mereka yang mengkonsumsinya, termasuk beberapa perlindungan dari flu biasa dan beberapa jenis infeksi lainnya. Bawang putih juga dapat membantu membuat kulit Anda lebih bersih dan mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat jerawat. Sifat antibakteri dalam bawang putih juga memungkinkannya untuk membunuh bakteri tertentu yang menyebabkan keracunan makanan, termasuk salmonella dan E.coli. 

5. Kesehatan jantung

Bakko menunjukkan bahwa bawang putih memberikan dorongan besar dan kuat untuk kesehatan jantung.
Bawang putih memiliki efek penurun kolesterol dan trigliserida yang menghasilkan penurunan kadar sel darah merah mengubah belerang bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida yang melebarkan pembuluh darah, sehingga lebih mudah mengatur tekanan darah. Sifat antioksidan senyawa fenolik bawang putih juga dapat menyebabkan pengurangan risiko kardiovaskular.

Bagikan