Masuk

AHY Bandingkan Pembangunan SBY dengan Jokowi, Moeldoko Siap Buka Data

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id, Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan atau KSP, Moeldoko menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang membandingkan pembangunan di era kepemimpinan SBY dengan Jokowi.

Moeldoko pun mengaku siap membuka data pembangunan di era kepemimpinan Jokowi untuk dibandingkan dengan data pembangunan di masa pemerintahan SBY.

Sekedar diketahui, AHY sebelumnya membandingkan proyek pembangunan infrastruktur yang terjadi di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Anies Baswedan Semeja dengan Para Elite Partai di Nikahan Anak Ketua Majelis Syuro PKS

AHY menyindir pemerintahan kekinian seolah-olah telah banyak membangun infrastruktur, padahal hanya sekedar melakukan seremoni gunting pita belaka.

Awalnya, AHY menyebut banyak pembangunan atau proyek infrastruktur yang dibangun di era SBY tapi tidak banyak dipublikasikan.

“Dan jadi mohon maaf nih nggak apa-apa teman-teman media bisa menangkap pesan ini. Ada yang mengatakan misal, jaman dulu nggak ada pembangunan infrastruktur nyatanya banyak,” kata AHY dalam pidato pengarahannya di Rapimnas Demokrat 2022 di JCC Jakarta, pada Kamis kemarin.

Baca Juga: Begini Komentar Moeldoko Terkait Kekejian TPNPB-OPM Bunuh Warga Tak Berdosa

Ia pun kemudian menyebut banyak proyek yang dibangun, direncanakan, dipersiapkan, dialokasikan di era SBY sudah mencapai 70 sampai 90 persen.

Namun, kata AHY, di era pemerintahan selanjutnya justru diklaim dan dijadikan seremoni untuk sekedar gunting pita saja dalam proyek tersebut.

“Setahun gunting pita kira-kira masuk akal nggak? Ya kita ngga perlu juga diapresiasi tapi jangan mengatakan, ‘ini kehebatan kita, satu tahun gunting pita’,” ujar AHY.

Menanggapi pernyataan AHY itu, Moeldoko pun menyebut bahwa semua pembangunan infrastruktur pada masa Kepemimpinan Jokowi itu ada datanya.

Baca Juga: Politikus Nasdem Sebut SBY Adalah Anak Emas Amerika Serikat

Menurut Moeldoko, harus ada penyesuaian data yang dimilikinya dengan yang disampaikan AHY supaya tidak menjadi masalah panjang.

“Itu bisa diperbandingkan, supaya ini clear,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, seperti dikutip dari Suara.com jaringan Terkini.id, pada Senin 19 September 2022.

Moeldoko kemudian bertanya-tanya, mengapa harus membandingkan era Jokowi dengan rezim SBY karena setiap pembangunan itu sudah tercatat dalam data negara. Bahkan, ia tidak segan bakal membuka data tersebut.

“Ada datanya kok, kenapa harus membandingkan. Nanti datanya KSP yang akan rilis,” ujarnya.