Ajarkan Anak-anak Huruf Hijaiyah, Mahasiswa UNM Ciptakan Aplikasi Android ‘Hijnafi’

UNM
Ajarkan Anak-anak Huruf Hijaiyah, Mahasiswa UNM Ciptakan Aplikasi Android 'Hijnafi'

Terkini.id, Makassar – Sekelompok mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang pengabdian masyarakat dengan judul “bersama hijnafi di akhir pekan” memulai pengabdian di Panti Asuhan Reski Amaliah, Kota Makassar, Sabtu, 11 Mei 2019.

Hijnafi merupakan aplikasi berbasis android yang menggunakan teknologi 3d hologram dengan fitur huruf hijaiyah dengan beberapa pengenalan, yakni penyebutan huruf, makhraj huruf serta nyanyian-nyanyian huruf hijaiyah, sehingga aplikasi hijnafi dapat meningkatkan semangat anak untuk belajar huruf hijaiyah dengan baik dan benar.

Dalam pengabdian pertama tersebut tim Hijnafi, yakni, Humairah, Muhammad Akhsan Alimuddin, Aswin Asrianto, dan Risman melakukan perkenalan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan setiap akhir pekan di Panti Asuhan Reski Amaliah.

Selain itu tim Hijnafi juga melakukan pembagian kelompok untuk mengetahui kemampuan para santri dalam mengucapkan huruf Hijaiyah.

Pembina Panti Asuhan Reski Amaliah dukung tim Hijnafi

Antusias para santri yang sangat mendukung serta dukungan dari para pembina panti, membuat tim Hijnafi semakin bersemangat dalam melakukan pengabdian di panti asuhan tersebut.

“Saya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan adik adik mahasiswa untuk mengajarkan anak anak asuhan kami untuk mengenal huruf hijaiyah lebih khususnya dalam membaca al-qur’an,” ujar pembina Panti Asuhan Reski Amaliah, Kahar.

Sejalan dengan hal tersebut, hHumairah selaku Ketua dari tim Hijnafi mengatakan, program ini dikonsepkan agar semua anak usia sekolah dapat membaca al-quran dengan baik dan benar.

“Lebih tepatnya dengan mengenal huruf hijaiyah, terlebih dapat mengisi akhir pekan dengan hal produktif,” ungkapnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

252 CPNS UIN Alauddin Resmi Terima SK

Terkini.id, Makassar - Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Musafir Pababbari serahkan Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepada 252 dosen  yang  lolos
Kampus

Mahasiswa Unhas Peduli Budaya dengan Cara Ini

Terkini.id,Makassar - Indonesia merupakan negara yang kaya akan tradisi, budaya dan adat istiadat. Keberagaman tersebut merupakan aset yang dimiliki sebagai warisan budaya dan tidak