Aliyah dan Kemenkes Edukasi Warga Terkait Pencegahan Penyebaran Penyakit Kusta

Aliyah Mustika Ilham dan Kemenkes RI edukasi masyarakat soal pencegahan penyakit Kusta

Terkini.id,Makassar – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, bersama Kementerian Kesehatan RI melakukan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat dengan melakukan pencegahan penyebaran penyakit Kusta dan Frambusia.

Kegiatan kampanye ini dengan memberikan edukasi kepada ratusan masyarakat, bertempat di Hotel Grand Cendrawasih Makassar, Jumat 15 Maret 2019.

Dalam arahannya, Aliyah Mustika meminta kepada seluruh masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dengan membersihkan lingkungan dan makan makanan yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya yang menghantui warga kota Makassar saat ini adalah Kusta atau yang biasa dikenal warga dengan sebutan Lepra.

“Kusta adalah salah satu penyakit yang banyak diderita warga kota Makassar, olehnya itu kami harapkan agar kita semua bisa mengantisipasi dan melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran penyakit kusta ini,” ujar Isteri Wali kota Makassar 2004-2014, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) ini.

Selain itu, Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) kota Makassar ini melanjutkan, penyakit kusta atau lepra memiliki stigma yang sangat buruk di mata masyarakat khususnya di kota Makassar.

“Kalau ada yang sakit kusta, pandangan masyarakat umum sangat tidak baik. Mereka yang menderita sakit ini pasti dikucilkan karena penyakit ini memiliki stigma tidak baik di mata masyarakat khususnya kita yang ada di kota Makassar. Mereka yang menderita penyakit ini pasti cenderung dijauhi,” ucapnya.

“Olehnya itu, jaga kebersihan lingkungan kita, kebersihan tubuh kita agar kita terhindar dari yang namanya penyakit kusta,” tuturnya.

Sementara, Direktur Pencegahan dan Pengendalian  Penyakit Menular Langsung, Kementrian Kesehatan RI, dr. Wienra Waworuntu yang hadir sebagai pemateri mengungkapkan, penderita kusta di Indonesia terbanyak berada di dua kota yaitu Makassar dan Surabaya. Olehnya, masyarakat diajak agar pandai melihat gejala-gejala kusta yang menyerang tubuh kita.

“Kita harus pandai melihat gejala-gejala tubuh kita dan keluarga jika terserang kusta. Kalau sudah ada lihat bercak putih dan dipegang tidak berasa apa-apa atau mati rasa dan tidak gatal, maka kita harus segera berhubungan dengan puskesmas terdekat. Jangan takut persoalan biaya, Karena Ibu Aliyah di Komisi IX DPR RI bersama Kementrian Kesehatan sudah menggratiskan obat penanganan kusta,” kata dr. Wienra Waworuntu.

“Selain lingkungan yang bersih, makanan yang sehat seperti buah dan sayur-sayuran serta olahraga yang teratur juga menjadi salah satu pencegahan penyakit lepra,” tutur dr. Wierna.

Berita Terkait
Komentar
Terkini