Makassar Terkini
Masuk

Jokowi Disebut Pidatonya Bikin Ngantuk, Amien Rais: Pikirannya Itu Dangkal, Saya Kira Dia Nggak Pernah Baca Buku!

Terkini.id, JakartaAmien Rais menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki pemikiran yang dangkal dan tidak banyak membaca buku-buku.

Pernyataan ini diungkapkan pada Kamis 16 Juni lalu kala berbincang dengan Ahmad Dhani dalam video berjudul Amien Rais Bicara Soal Judul melalui kanal Video Legend.

“Saya kira gini ya mas Ahmad Dhani. Kalau kita pikir kan dulu pemimpin itu kan kutu buku, intelektual, yang sekarang kan merosot,” kata Amien Rais.

Ketua Dewan Syuro Partai Ummat itu lantas mulai menyinggung Jokowi.

“Dulu kan pada nunggu di radio Bung Karno berpidato. Kalau yang sekarang kan pada ngantuk ya?,” kata Amien Rais.

Yang dimaksud Amien Rais adalah Presiden Jokowi.

Amien Rais menyebut, bahwa Jokwi selama ini berpikir tentang kekuasaan saja.

“Tapi memang ada kemerosotan itu. Karena pikirannya hanya power, how to ship the power, how to lengthen my power, how to decisive the people, how to raise the people,” katanya.

Mantan Ketua MPR RI ini membandingkan gaya berpidato antara Soekarno dan Jokowi. Soekarno, sambungnya, lebih terlihat mencengangkan dan mempunyai literasi yang sangat banyak.

“Kalau dulu kan pemimpinnya, intelektual, mereka kan kutu buku. Nah kalau yang sekarang kan merosot, maaf kan kalau Pak Jokowi gak baca, saya kira kan baca buku-buku kan nggak. Pikirannya hanya power, bagaimana mempertahankann kekuasaan, jadi pikiran-pikirannya kan dangkal,” jelasnya seperti dikutip democrazy.id Jumat 17 Juni 2022.

“Jadi, ini ada pemerosotan intelektual di kalangan para pemimpin,” Ucapnya.