Masuk

Anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham Gratiskan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Ratusan Ojol di Makassar

Komentar

Terkini.id, Makassar – Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham beri perhatian lebih bagi driver online, dengan mendaftarkan ratusan driver online (Ojol) sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Selain memberikan fasilitas pendaftaran, mereka juga dibebaskan iuran selama 3 bulan alias gratis.

“Perlindungan jaminan sosial terhadap para pekerja sangat penting untuk dimiliki. Termasuk mereka yang berprofesi sebagai Ojol, dengan resiko kerja yang cukup tinggi, “ujar Aliyah Mustika Ilham, saat Sosialisasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan, yang di gelar di Hotel Royal Bay, Minggu 13 November 2022.

Baca Juga: Tim Penilai Paritrana Award 2022 Lakukan Wawancara ke Sejumlah Kepala Daerah dan Perusahaan di Sulsel

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus BPJS Ketenagakerjaan, Widi Astri Apriliania, menambahkan dalam sosialisasi ini dipaparkan soal keuntungan bagi para ojol mengikuti program ini. 

‘’Dari sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para mitra driver terkait pentingnya jaminan sosial,’’ harapnya.

Akun Representatif Khusus BPJS Ketenagakerjaan Cab Makassar, Mulya Rahmat Abu Bakar, dalam kesempatan yang sama menyampaikan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan terdaftarnya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, yakni jaminan kecelakaan, jaminan hari tua, dan jaminan kematian.

Baca Juga: Jalani Tahap Wawancara, Danny Pomanto Optimis Makassar Raih Paritrana Award BPJS Ketenagakerjaan 2022

Penanggungan biaya pengobatan tak terbatas apabila terjadi kecelakaan kerja. Kemudian yang berikutnya ialah beasiswa anak serta santunan terhadap keluarga.

“Bila peserta BPJS Ketenagakerjaan meninggal, anaknya akan ditanggung sampai perguruan tinggi. Banyak yang belum tau, makanya kita bersama-sama memperluas informasi soal program ini,” ujarnya.

Dengan demikian, apabila kecelakaan kerja menimpa driver ojol, baik sang driver maupun keluarganya akan terlindungi oleh jaminan sosial tersebut.

Apalagi, tingkat kecelakaan di jalanan yang menimpa pengendara bermotor terbilang sangat tinggi.

Baca Juga: Serahkan Santunan JKM BPJS Ketenagakerjaan ke Masyarakat Kecil, Rudianto Lallo: Semoga Bisa Dipakai Buka Usaha

Ketua Relawan Tanggap Bencana Ojol Sulsel, Muhammad Jamail menyampaikan rasa rerima kasihnya, karena telah diberikan pemahaman tentang BPJS Ketenagakerjaan.

“Sosialisasi ini sangat tepat, sehingga kita paham perbedaan BPJS Ketenagakerjan dengan BPJS Kesehatan. Selain itu, manfaat yang diberikan juga luar biasa, memberikan rasa aman saat bekerja,” bebernya.

“Alhamdulillah, selepas sosialisasi, kami semua terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan mendapatkan bantuan iuran gratis selama 3 bulan,”tandasnya.