Makassar Terkini
Masuk

Soal Tumpukan Bansos Presiden Jokowi, Anggota DPR RI: Mensos Terkesan Lepas Tanggungjawab

Terkini.id, Jakarta – Ace Hasan Syadzily selaku Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI menyoroti pernyataan Menteri Sosial Tri Rismaharini tentang tumpukan Bantuan Sosial (Bansos) Presiden Jokowi yang ditemukan di Depok, Jawa Barat.

Ace Hasan Syadzily berpendapat seharusnya seorang Menteri Sosial tidak perlu berkata bahwa timbunan Bansos itu tidak terjadi pada saat dirinya menjabat.

Ace Hasan Syadzily menilai ucapan tersebut akan menunjukkan kesan seolah-olah Menteri Sosial tidak ingin bertanggung jawab terkait kasus ini.

“Seharusnya Menteri Sosial jangan bicara seperti itu yang terkesan lepas tanggung jawab,” ujar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, dikutip dari rmol.id, Rabu 3 Agustus 2022.

Anggota DPR RI yang berasal dari Partai Golkar ini menegaskan permasalahan soal timbunan Bansos di Depok tersebut adalah tanggungjawab Kementerian Sosial tanpa melihat siapa yang menduduki posisi Menteri Sosial tersebut.

“Bansos itu ya harus dilihat secara kelembagaan siapa yang memiliki kebijakannya,” kata Ace Hasan Syadzily.

Sebagai informasi, Tri Rismaharini mengatakan bahwa polemik Bansos Presiden Jokowi yang dikubur di Depok tidak terjadi ketika dirinya menduduki kursi Menteri Sosial RI.

Ia juga berujar bahwa Presiden Jokowi sudah memperingatkan untuk tidak memberikan Bansos berupa barang.

“Jadi yang jelas itu bukan zaman saya, karena waktu saya jadi menteri, Bapak Presiden sudah menyampaikan ‘Bu Risma, jangan bantuan berupa barang’,” ungkap Tri Rismaharini.

Oleh karena itu, Tri Rismaharini memberikan Bansos berbentuk uang bukan barang sesuai dengan amanat sang presiden.

“Tapi itu salah satu, dan itu memang aturannya boleh di perpres tentang bantuan itu boleh dalam bentuk uang dan barang,” papar Tri Rismaharini.

Sampai berita ini diturunkan belum ditemukan tanggapan Tri Rismaharini terkait ucapan anggota DPR RI Ace Hasan Syadzily.