Makassar Terkini
Masuk

Anies Baswedan Sebut Banjir Katanya Bukan Faktanya, Chusnul Chotimah: Gubernur Terbungul dan Pembohong

Terkini.id, JakartaGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan turut hadir di podcast Deddy Corbuzier. Dalam podcast itu, Anies menyebut banjir Jakarta hanya katanya bukan faktanya. Chusnul Chotimah yang mengetahui hal itu seketika geram dan menghujatnya dengan berkata gubernur terbungul dan pembohong, Senin 18 Juli 2022.

Dalam podcast Deddy Corbuzier yang dilihat dari cuitan Chusnul Chotimah di Twitter, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disuguhi pertanyaan perihal banjir Jakarta. Dalam perumpamaan Deddy, Ia bertanya Anies keberatan atau tidak jika seandainya dikatain gubernur tak benar perihal banjir.

Anies Baswedan langsung saja menjawab dirinya tidak keberatan karena itu hanya katanya bukan faktanya. Anies menyebut itu hak orang bila berkata seperti itu. Menurut Anies, saat ini banjir Jakarta jauh lebih baik.

“Misalnya dikatain gubernur nggak bener, banjir nggak beres, nggak pa pa?” Tanya Deddy.

“Kan katanya, bukan faktanya. Loh, nggak pa pa dong. Ya, itu hak dia,” timpal Anies.

“Tapi kan. Sorry nih, sorry. Saya potong ya Pak, saya coba menyerang Pak Anies. Tapi kan banjir masih Pak, Faktanya!” balas Deddy.

“Ya,” singkat Anies.

Deddy yang kebingungan karena sebelumnya Anies menyebut banjir hanya katanya bukan faktanya seketika heran, “Kok iya?” balasnya.

Kemudian Anies menjelaskan jika dilihat dari lintas waktu banjir sekarang jauh lebih baik. “Ya emang iya. Jadi gini kalau banjir masih, emang masih banjir. Betul. Bandingin nih, lintas waktu, lihat aja datanya! Kan itu faktanya, misalnya jumlah RT/RW yang terkena,” jelasnya Anies.

Mendengar penjelasan Anies, Deddy dengan singkat bertanya, “Itu lebih baik?” tanyanya.

Kemudian, Anies pun menyebut saat ini banjir Jakarta jauh lebih baik. “Alhamdulillah jauh lebih baik,” jawabnya Anies.

Selain itu, warganet yang geram terhadap pernyataan Anies itu seketika menghujat dengan menyebut “Gubernur terbungul, pembohong pula,” hujat IG chchotimah, @ChusnulCh__ dalam cuitannya.

Sumber Foto: Cuplikan Cuitan Chusnul Chotimah Soal Anies Baswedan Sebut Banjir Katanya Bukan Faktanya

Di samping itu jika berdasarkan fakta banjir Jakarta saat ini, dilansir dari Terkini.id, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta diketahui mencatat ada sebanyak 92 Rukun Tetangga (RT) yang ada di Jakarta telah terendam banjir pada Sabtu 16 Juli 2022 pukul 09.00 WIB. Hingga ketinggian air dilaporkan lebih dari 40 centimeter.

”Informasi genangan dari sebelumnya 71 RT saat ini menjadi 92 RT atau 0,302% dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta, dengan ketinggian >40 cm,” sebut Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBD DKI Jakarta M Insyaf, Sabtu 16 Juli 2022.

Menurutnya, banjir dan genangan air itu berada di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Rata-rata ketinggian air tersebut berkisar di antara 40 hingga 200 centimeter. Pada siang ini, belum ada tanda-tanda air menyurut.

Berikut ini lokasi banjir berdasarkan data dari BPBD DKI Jakarta yang dilansir dari sindonewscom:

1 Jakarta Selatan terdapat 26 RT

a Kel. Pondok Labu
b Kel. Tanjung Barat
c Kel. Bangka
d Kel. Cilandak Timur
e Kel. Pejaten Timur
f Kel. Rawajati
g Kel. Manggarai

2 Jakarta Barat terdapat 18 RT

a Kel. Kedoya Selatan
b Kel. Rawa Buaya
c Kel. Duri Kosambi
d Kel. Kembangan Utara
e Kel. Kembangan Selatan
f Kel. Kamal

3 Jakarta Timur terdapat 48 RT

a Kel. Cililitan
b Kel. Balekambang
c Kel. Bidara Cina
d Kel. Kampung Melayu
e Kel. Cawang

Hingga ini, kondisi genangan banjir masih pada penanganan petugas Dinas SDA, Damkar, BPBD, dan PPSU Kelurahan. Genangan ditargetkan bakal surut dalam waktu secepatnya.